Friday, January 31, 2014

TEHNIK-TEHNIK TRAFFIC GENERATING

TEHNIK-TEHNIK TRAFFIC GENERATING

Traffic generating ibarat melakukan usaha promosi bagi sebuah toko atau tempat agar didatangi oleh banyak pengunjung atau calon pembeli. Pengunjung yang membeli dan berbelanja setiap hari tentu oke banget bukan? Dagangan jadi laris manis dan keuntungan terus mengalir.

Sebuah website juga begitu. Setelah anda membuat sebuah “Theme Based Content Website” (lihat kembali topik Website Structure) yang sudah diperhitungkan akan sangat menguntungkan dengan segala jerih payah lalu menayangkannya di internet, maka pekerjaan anda belumlah selesai.

Anda masih harus melakukan pekerjaan yang paling PENTING untuk kelanjutan bisnis anda, yaitu… menarik pengunjung ke website anda. Ini disebut TRAFFIC GENERATING atau traffic building atau membangun traffic. Traffic generating bisa juga disebut backlink building atau menghimpun backlinks dari berbagai situs yang relevan dan berpengaruh. TRAFFIC ini adalah pengunjung yang datang, membaca konten, mengklik link dan kemudian membeli sesuatu atau mengisi sebuah form di website anda, yang mendarat ke situs anda karena backlinks ini.

Setelah meng-upload website anda, maka website ini berada di antara kerumunan jutaan websites yang gentayangan di dunia maya. Bagaimana orang yang membutuhkan informasi bisa menemukan website anda? Bagaimana spider Search Engines (disingkat SE) bisa mengidentifikasi keberadaan website anda? OK, ini yang akan dibahas.

Dengan berkembangnya bisnis online atau internet marketing, maka tehnik-tehnik traffic generating ke sebuah website ikut berkembang dengan cepat. Lima tahun yang lalu dikenal hanya beberapa cara yang umumnya dipakai oleh para internet marketers, tapi sekarang tahun 2014 ada sedikitnya 26 tehnik traffic generating yang bisa digunakan.

Tehnik traffic generating yang dianggap terbaik adalah cara yang memberikan hasil yang besar untuk waktu yang berkelanjutan alias ‘high-yielding and sustained results’. Dengan cara ini, usaha anda yang sudah bermodalkan waktu dan uang, bisa mendatangkan traffic yang banyak secara terus menerus, bukan hanya sekali jalan.

STRATEGI DASAR TRAFFIC GENERATING

Strategi dasar traffic generating ke website kita terdiri dari 2 kegiatan utama:

#1 – Search Engine Optimization (SEO)

Dalam bisnis internet Search Engine Optimization atau disingkat SEO merupakan suatu kegiatan traffic generating yang sangat strategis. SEO adalah cara paling penting untuk membuat website anda mudah ditemukan oleh SE

Seperti kita tahu, seorang yang mencari sesuatu di internet akan mengetik sebuah atau beberapa kata kunci di satu SE. Begitu kata kunci atau keyword(s) dimasukkan, maka spider SE yang sudah terprogram akan mencari websites yang mengandung kata kunci itu.

Tugas spider SE adalah memberikan informasi yang akurat, fokus dan relevan dengan kata kunci kepada para pencari. Kalau website anda bisa memenuhi persyaratan seperti yang diinginkan spider SE, maka website anda akan masuk dalam daftar yang akan ditampilkan kepada si pencari.

Karena sekarang para pebisnis internet sudah mengetahui betapa pentingnya peranan spider SE dalam menentukan nasib sebuah website, maka mereka berlomba-lomba mencoba untuk membuat spider SE senang pada website mereka, atau istilahnya membuat website menjadi ’search engine friendly’

#2 – Tehnik Link Building

Traffic generating juga bisa dilakukan dengan cara meningkatkan popularitas website kita melalui inbound link building. Inbound link adalah link dari website lain yang menuju ke website kita. Dengan perkataan lain, website lain yang menghubungkan dirinya dengan website kita, karena menganggap website kita penting, relevan dan berbobot untuk dirinya.

Makin banyak inbound link dari websites yang menduduki ranking atas dalam SE, maka website kita menjadi semakin popular. Inbound links ini dikenal juga dengan nama lain seperti back-links, incoming-links, inward-links dan inlinks.

Yang harus diperhatikan, bangunlah inbound links dengan fokus pada websites yang menduduki ranking atas dalam hasil pencarian SE yaitu website atau blog yang mempunyai kualitas dan PageRank (PR) yang tinggi. Tidak akan ada gunanya bila anda mendapat link dari websites yang tidak berbobot dengan PR yang rendah.

CARA MENGGUNAKAN TEHNIK TRAFFIC GENERATING

Cara yang salah:
Menggunakan semua tehnik traffic generating sekaligus

Yang benar:
Tidak melakukan tehnik-tehnik multiple traffic generating sekaligus, tetapi pilihlah satu (saya usulkan menggunakan SEO) dulu dan maksimalkan hasilnya menggunakan tehnik itu. Setelah itu tambahkan tehnik lainnya, satu demi satu. Maksimalkan hasilnya pada satu tehnik sebelum beranjak pada tehnik yang lain.

25 TEHNIK LINK BUILDING YANG JITU

Seperti saya utarakan di atas, ada sekurang-kurangnya 26 tehnik traffic generating yang dikenal dan dipakai dengan hasil yang efektif. Pointers atau keterangan singkat mengenai tehnik-tehnik tersebut akan saya bahas di halaman berikut, Tehnik LinkBuilding