Friday, May 25, 2012

EZINE PUBLISHING

Ezine Publishing, Sarana Preselling dan Membangun Email List

Ezine publishing dalam format sebuah newsletter berkala atau mini-course publishing merupakan elemen strategis dalam sebuah niche marketing website yang akan kita bangun. Bagi affilate marketer ezine publishing merupakan alat yang ampuh dengan fungsi sebagai berikut:

  1. Melakukan preselling dari produk atau jasa yang kita promosikan.
  2. Membangun email-list yang merupakan kemutlakan untuk mengembangkan multiple niche business kita.
Penjelasannya sebagai berikut:

PRESELLING

Sebagai seorang affiliate marketer maupun vendor pemilik produk, fungsi preselling merupakan satu cara untuk mengarahkan calon pembeli ke sebuah halaman yang berisi informasi lengkap, features dan benefits, spesifikasi, konten, harga, bonus, testamen pengguna lain dari sebuah produk atau jasa yang kita kenal dengan sales page atau sales letter

Sales page ini berfungsi untuk melakukan SELLING. Di sinilah pemilik produk (yang tadinya juga melakukan Preselling) berusaha dengan keras dan sebaik-baiknya untuk menjual produknya. Semua informasi penting yang membuat seorang potential buyer menjadi buyer sesungguhnya dituangkan oleh vendor dalam sales page ini.

Preselling tidak melakukan sellling, tetapi membuat orang meng-klik link menuju sales page. Itu saja. Hindari mencoba untuk menjadi penjual, karena fungsi itu dilakukan oleh vendor. Kalau anda memaksa menjadi penjual berarti anda telah salah mem-posisikan diri dan harus bersaing dengan pemilik produk dan bukannya mendukungnya.

Konten ezine publishing berupa sepotong informasi yang harus dapat menimbulkan minat calon pembeli untuk memperoleh informasi lengkap yang bisa didapatkannya di sales page si vendor. Begitulah konsep preselling dalam ezine publishing 

MEMBANGUN EMAIL LIST

Seperti disinggung di atas membangun email list merupakan suatu kemutlakan. Tanpa email list sulit untuk berharap usaha niche marketing anda bisa berkembang. Begitu pentingnya email list tercermin dari ungkapan yang terkenal di internet marketing; ‘The Money is in the List’. No list no money, begitu kira-kira maksudnya

Email list adalah daftar dari orang-orang yang berminat atas penawaran ezine publishing anda. Mereka terjaring mereka melalui sebuah optin form atau optin box di mana mereka menulis nama dan alamat email mereka dengan suka rela untuk bisa berlangganan ezine publsihing anda

Email list ini mempunyai nilai yang tinggi karena anda bisa melakukan follow up atas penawaran terdahulu, mengirim informasi berharga, menawarkan produk lain yang masih berkaitan dengan produk utama (komplementer), product reviews, atau perkembangan terbaru dari situs atau blog anda dan sebagainya. Jadi, inti dari ezine publishing adalah membangun jalur komunikasi yang kontinu dengan prospek anda dan harus dimulai begitu anda meluncurkan situs anda.

3 KOMPONEN EZINE PUBLISHING

Pada dasarnya ezine publishing terdiri dari 3 komponen, yakni:

  1. Ezine, singkatan dari electronic magazine
  2. Autoresponder
  3. Optin form atau optin box
#1 – Ezine

Ezine merupakan istilah untuk penerbitan berkala dari serangkaian informasi yang mempunyai tema tertentu. Formatnya bisa seperti majalah sesungguhnya, newsletter atau mini-course.

Sebagai bahan utama ezine publishing Kita perlu menyiapkan sejumlah artikel berdasarkan keywords yang masih berada dalam tema pokok website kita. Jumlah artikel bisa sangat bervariasi dari hanya beberapa sampai puluhan jumlahnya, bahkan ada yang ratusan. Namun untuk keperluan niche website kita, 10 – 12 artikel sudah cukup efektif untuk menghasilkan penjualan.

Bahan penulisan artikel bisa diambil dari ebook yang kita promosikan. Kita bisa mengambil beberapa judul dari ebook tersebut dan menulis ulang sebagian kontennya, tentu tidak semua, seperti memberi penggalan informasi yang penggalan lainnya tapi paling penting ada pada ebook yang kita promosikan.

Kembali saya menggunakan situs www.theorchidpot.com sebagai contoh untuk memperlihatkan judul rangkaian artikel mini-course tentang pemeliharaan bunga anggrek. Mini-course saya beri judul :Top 10 Secrets of Caring for Orchids" dengan judul-judul artikel sebagai berikut:


Secret #1 - Three Easy Ways to Liven Up Your Oncydium Orchids
Secret #2 - Maximizing the Benefits of Fertilizers
Secret #3 - The Power of Humidity
Secret #4 - Selecting the Best Orchids for Your Home
Secret #5 - Keeping Your Orchid Safe during the Trip Home
Secret #6 - Take Care of Indoor Orchids the Right Way!
Secret #7 - Proper Repotting of Orchids Leads to Longer Orchid Life
Secret #8 - The Best Practices in Orchid Watering
Secret #9 – How Sunlight Affects Orchid Growth
Secret #10 - Keeping Your Orchid Garden Pest Free

Judul-judul tersebut ditampilkan sebagai bullets point dalam optin form, sehingga peminat bisa mengetahui informasi apa yang akan diperolehnya dalam mini-course kita.

Artikel-artikel yang telah siap kemudian kita posting di autoresponder di mana kita bisa mengatur urutan dan waktu kirim melalui e-mail dari rangkaian artikel ezine publishing kita.

#2 – Autoresponder

Autoresponder merupakan komponen yang vital dalam ezine publishing. Ini semacam alat yang membantu anda untuk mengelola, menerima dan mengirim serangkaian e-mail secara otomatis yang merupakan bagian dari newsletter berkala atau mini-course yang kita buat.

Alat ini bisa diatur sesuai keinginan kita dan bekerja siang malam secara kontinu menerima dan membalas email tanpa kenal lelah. Saya menggunakan AWeber Autoresponder yang saya nilai paling reliable, ekonomis dengan fasilitas yang sangat lengkap. Pengoperasiannya juga mudah. Tentu ada beberapa pilihan jasa autoresponder lain seperti GetResponse, Mailloop, SendStudio dan Contact

Anda perlu membuat account terlebih dahulu di Aweber di mana kemudian anda menentukan paket pembayaran yang diinginkan. Setelah membuat account, maka proses berikutnya secara garis besar sebagai berikut:

-      Login ke account anda
-      Di top-bar menu klik My Lists >>
-      Create a new list >>
-      Basic Serttings – lengkapi informasi pokok yang diminta Aweber seperti list name, list description, email address anda, serta pemberitahuan jika ada pelanggan baru. Save settings >>
-      Personalize your List – meliputi company branding dan social media sharing seperti Facebook dan Twitter. Save Settings >>
-      Confirmed Opt-in – di sini anda harus membuat beberapa halaman konfirmasi bila seseorang melakukan opt-in seperti Confirm Your Subscription, Require Opt-in in Web Forms dan Success page. Save Settings

-      Ke top-bar menu lagi klik Messages >> Follow Up
-      Create A New Follow Up Message – Di sini anda bisa mem-posting artikel-artikel yang telah anda siapkan. Kita tinggal mengikuti petunjuk bagaimana melakukannya.

#3 – Optin form atau optin box

Optin form atau optin box merupakan bagian dari website yang digunakan untuk menjaring pengunjung potensial yang mendaftar untuk berlangganan ezine publishing kita dengan meninggalkan nama dan alamat emailnya pada form ini. Optin form ini terhubung dengan autoresponder yang selanjutnya akan mengirim email berkala itu kepada pelanggan secara otomatis.

Bobot dan peranan optin form sebuah website terlihat dari tampilannya. Ada optin form yang ala kadarnya, tidak menarik dan seolah mengatakan “silahkan berlangganan, mau syukur kalau tidak mau ya tidak apa-apa”. Padahal ezine publishing mempunyai peran penting seperti telah kita bahas di atas.

Oleh karena itu, design dan text yang ditulis dalam sebuah optin form haruslah strongly appealing si pengunjung sehingga dia merasa bahwa informasi yang akan disampaikan oleh ezine kita membawa manfaat dan penting buat dirinya.

Optin form yang akan kita pasang di niche website kita harus memiliki bagian-bagian d bawah ini agar pengunjung tertarik dan mau berlangganan ezine publishing kita (Contoh lihat: www.theorchidpot.com)

Headline – buatlah headline untuk menarik perhatian. Ada 2 headlines yang saya gunakan yang saya anggap paling appealing: “Who else wants ......” dan “The #1 Secret of.......”

Bullet Points – merupakan text yang membuat orang ingin tahu lebih banyak  tentang how, why dan what it is all about. Tampilkan benefit dari informasi yang akan kita sajikan.

Irresistable offer – buatlah penawaran anda sangat mudah diperoleh seperti “gratis”, “free subscription”, “segera akan kami kirimkan email pertama saat ini juga” serta mudah juga untuk “unsubscribe”

Call for Action – Jangan malu-malu atau pakewuh untuk meminta pengunjung segera melakukan optin (“Optin Now!”). Persilahkan ia segera menulis nama dan email dalam kolom yang tersedia dan mengklik tombol “Submit” 

Itulah sekelumit informasi seputar ezine pubishing yang sangat penting dan mutlak harus ada bila ingin meraih sukses dalam niche business anda. Untuk membangun Multiple Niche Busnessess anda bisa memperoleh informasi lengkap di Niche Profit Classroom.