Saturday, May 26, 2012

SALES LETTER WRITING

Sales Letter Writing Tips

Sales letter atau sales page adalah satu halaman dalam sebuah website yang menjual produk anda dan mempunyai links untuk memesan (order links). Sebuah sales letter biasanya cukup panjang, memiliki headline, bullet points, testimonials, money back guarantee serta order button. Format sales letter ini telah terbukti ampuh sampai sekarang sehingga masih terus digunakan oleh para pebisnis online.

Bila seorang pengunjung mengklik link atau gambar product offer kita, maka ia tentu tidak ingin serta merta digiring ke sebuah transaksi pembelian, namun ia ingin terlebih dahulu mengetahui apakah product offer kita memenuhi kebutuhannya atau tidak. Di sinilah sales letter memainkan perannya untuk memberikan penjelasan seterinci mungkin tentang benefit dari product kita secara menyeluruh. 

Jika kemudian si calon pembeli merasa bahwa ini memang produk yang ia butuhkan maka ia akan mengklik order button yang membawanya ke order page. Order page ini juga merupakan halaman dalam website kita yang menawarkan opsi atau paket-paket pembelian tentang topik yang kita tawarkan. Misalnya kita menawarkan topik tentang Orchid Care, maka ada opsi Orchid Care eBook, Orchid Care Audiobook dan Orchid Care eBook + Audiobook.

Setelah ia memilih opsi yang cocok baginya, ia mengklik order button di halaman itu yang akan membawanya ke transaksi pembelian yang diatur ClickBank. ClickBank ini akan mengatur pembayaran dan memberikan link untuk men-download produk pilihan pembeli.

Sederhana bukan? Namun bila kita menjual produk fisik prosesnya sedikit berbeda, yaitu adanya pengiriman barang yang biasanya dilakukan melalui perushaan ekspedisi seperti DHL, Fedex atau JNE yang ongkosnya cukup mahal.

Akan tetapi proses yang kelihatan sederhana itu tidak akan terjadi bila sales letter gagal menjalankan perannya yakni membujuk prospek untuk membeli produk. Oleh karenanya kita perlu mengetahui cara membuat sales-copy (= kalimat dan kata-kata yang tertuang dalam sales letter) yang bisa membuat prospek menjadi pembeli.

Anda tidak perlu terlalu mencemaskan kemampuan anda untuk membuat sales-copy yang menjual. Kita tidak perlu menjadi seorang copywriter (ahli menulis sales-copy atau membuat sales letter) asalkan kita memiliki pengetahuan dasar tentang sales copywriting. Ada 3 tempat yang saya rekomendasikan untuk memperoleh pengetahuan dasar yang diperlukan untuk bisa membuat sales copy yang menjual, ini dia tempatnya:

  1. www.copyblogger.com
  2. Membeli buku “The Copywriter’s Handbook di www.amazon.com
  3. Copy writing tutorial, step-by-step coaching di Niche Profit Classroom

Prinsip Dasar Menulis Sales Letter

Sales letter merupakan salesman online yang harus menawarkan produknya sedemikian rupa sehingga si prospek tidak bisa menolak atau bilang “tidak perlu”. Sales letter harus “irresistible”. Untuk itu ada beberapa tehnik agar orang tidak bisa bilang “no” terhadap penawaran kita. Kita bisa menggunakan tehnik-tehnik ini dala sales letter kita.

Urgency – Menjadikan solusi atau penawaran kita sebagai yang terbaik buat menyelesaikan masalah atau memenuhi kebutuhan si calon pembeli sehingga ia harus membelinya

Scarcity – Menjadikan penawaran kita seperti barang yang langka, persediaan terbatas dan hanya menyisakan beberapa copy dan akan segera habis.

Testimonials – Meminta orang untuk memberikan testimoni tentang produk yang kita tawarkan. Ini merupakan social proof bahwa produk kita layak dan harus dibeli. Walau produk kita baru, tapi ada cara untuk mendapatkan testimoni yang syah dan autentik dari seorang pemakai.

Bonuses – Memberikan tambahan nilai terhadap penawaran kita. Nyatakan bahwa uang yang mereka bayar juga termasuk bonus-bonus yang nilai Rp/$ nya lebih tinggi dari nilai produk-nya sendiri. Perlihatkan nilai dollar dari bonus yang diberikan agar lebih kelihatan naial tambahnya.

Discounts – Tawarkan diskon dengan batas waktu tertentu. Nyatakan bahwa diskon hanya berlaku 1 - 3 hari, setelah itu diskon akan dicabut.

Risk Removal – Pembeli menyukai pembelian tanpa resiko. Tawarkan money back guarantee atau garansi uang kembali dalam waktu 2 bulan atau 60 hari. Ia akan merasa punya cukup waktu untuk mencoba produknya tanpa kerugian apapun.  

Struktur Sales Letter

Struktur sales letter yang menggunakan rangkuman tehnik-tehnik di atas akan seperti di bawah ini:

  • Headline
  • Penyajian masalah-masalah yang dihadapi prospek
  • Penjelasan bagaimana produk kita menyelesaikan masalah-masalah itu
  • Bullet points yang menjelaskan features dan benefits dari produk kita
  • Testimonials dari para pengguna produk kita
  • Bonus-bonus yang kita berikan, biasanya lebih dari 1.
  • Garansi uang kembali bila pembeli merasa tidak puas

Berikut ini ada contoh struktur sales letter dari sebuah situs www.TroutFishing-Guide.com yang menjual sebuah eBook tentang cara memancing Ikan Trout.

Sales Letter Creator

Di internet ada software dan templates untuk membuat sales letter dengan mudah. Anda bisa mendapatkan ketrampilan dasar untuk membuat sales letter di Niche Profit Classroom, yang memberikan kursus bagaimana membuat sales letter yang menjual bahkan tersedia software dan templates sales letter yang siap pakai sehingga anda tidak perlu susah-susah membuat sebuah sales letter yang ampuh.