Sales Letter Writing Tips
Sales letter
atau sales page adalah satu halaman dalam sebuah website yang menjual produk
anda dan mempunyai links untuk memesan (order links). Sebuah sales letter
biasanya cukup panjang, memiliki headline, bullet points, testimonials, money
back guarantee serta order button. Format sales letter ini telah terbukti ampuh
sampai sekarang sehingga masih terus digunakan oleh para pebisnis online.

Bila seorang
pengunjung mengklik link atau gambar product offer kita, maka ia tentu tidak
ingin serta merta digiring ke sebuah transaksi pembelian, namun ia ingin
terlebih dahulu mengetahui apakah product offer kita memenuhi kebutuhannya atau
tidak. Di sinilah sales letter memainkan perannya untuk memberikan penjelasan
seterinci mungkin tentang benefit dari product kita secara menyeluruh.
Jika kemudian
si calon pembeli merasa bahwa ini memang produk yang ia butuhkan maka ia akan
mengklik order button yang membawanya ke order page. Order page ini juga
merupakan halaman dalam website kita yang menawarkan opsi atau paket-paket
pembelian tentang topik yang kita tawarkan. Misalnya kita menawarkan topik
tentang Orchid Care, maka ada opsi Orchid Care eBook, Orchid Care Audiobook dan
Orchid Care eBook + Audiobook.
Setelah ia
memilih opsi yang cocok baginya, ia mengklik order button di halaman itu yang
akan membawanya ke transaksi pembelian yang diatur ClickBank. ClickBank ini
akan mengatur pembayaran dan memberikan link untuk men-download produk pilihan
pembeli.
Sederhana
bukan? Namun bila kita menjual produk fisik prosesnya sedikit berbeda, yaitu
adanya pengiriman barang yang biasanya dilakukan melalui perushaan ekspedisi
seperti DHL, Fedex atau JNE yang ongkosnya cukup mahal.
Akan tetapi proses
yang kelihatan sederhana itu tidak akan terjadi bila sales letter gagal
menjalankan perannya yakni membujuk prospek untuk membeli produk. Oleh
karenanya kita perlu mengetahui cara membuat sales-copy (= kalimat dan
kata-kata yang tertuang dalam sales letter) yang bisa membuat prospek menjadi
pembeli.
Anda tidak
perlu terlalu mencemaskan kemampuan anda untuk membuat sales-copy yang menjual.
Kita tidak perlu menjadi seorang copywriter (ahli menulis sales-copy atau
membuat sales letter) asalkan kita memiliki pengetahuan dasar tentang sales
copywriting. Ada 3 tempat yang saya rekomendasikan untuk memperoleh pengetahuan
dasar yang diperlukan untuk bisa membuat sales copy yang menjual, ini dia
tempatnya:
- www.copyblogger.com
- Membeli buku “The Copywriter’s Handbook di www.amazon.com
- Copy writing tutorial, step-by-step coaching di Niche Profit Classroom
Prinsip Dasar Menulis Sales Letter
Sales letter
merupakan salesman online yang harus menawarkan produknya sedemikian rupa
sehingga si prospek tidak bisa menolak atau bilang “tidak perlu”. Sales letter harus
“irresistible”. Untuk itu ada beberapa tehnik agar orang tidak bisa bilang “no”
terhadap penawaran kita. Kita bisa menggunakan tehnik-tehnik ini dala sales
letter kita.
Urgency – Menjadikan solusi
atau penawaran kita sebagai yang terbaik buat menyelesaikan masalah atau
memenuhi kebutuhan si calon pembeli sehingga ia harus membelinya
Scarcity – Menjadikan
penawaran kita seperti barang yang langka, persediaan terbatas dan hanya
menyisakan beberapa copy dan akan segera habis.
Testimonials – Meminta
orang untuk memberikan testimoni tentang produk yang kita tawarkan. Ini
merupakan social proof bahwa produk kita layak dan harus dibeli. Walau produk
kita baru, tapi ada cara untuk mendapatkan testimoni yang syah dan autentik
dari seorang pemakai.
Bonuses – Memberikan tambahan
nilai terhadap penawaran kita. Nyatakan bahwa uang yang mereka bayar juga
termasuk bonus-bonus yang nilai Rp/$ nya lebih tinggi dari nilai produk-nya
sendiri. Perlihatkan nilai dollar dari bonus yang diberikan agar lebih
kelihatan naial tambahnya.
Discounts – Tawarkan diskon
dengan batas waktu tertentu. Nyatakan bahwa diskon hanya berlaku 1 - 3 hari,
setelah itu diskon akan dicabut.
Risk Removal – Pembeli
menyukai pembelian tanpa resiko. Tawarkan money back guarantee atau garansi
uang kembali dalam waktu 2 bulan atau 60 hari. Ia akan merasa punya cukup waktu
untuk mencoba produknya tanpa kerugian apapun.
Struktur Sales Letter
Struktur sales
letter yang menggunakan rangkuman tehnik-tehnik di atas akan seperti di bawah
ini:
- Headline
- Penyajian masalah-masalah
yang dihadapi prospek
- Penjelasan bagaimana produk
kita menyelesaikan masalah-masalah itu
- Bullet points yang
menjelaskan features dan benefits dari produk kita
- Testimonials dari para
pengguna produk kita
- Bonus-bonus yang kita
berikan, biasanya lebih dari 1.
- Garansi uang kembali bila pembeli
merasa tidak puas
Berikut ini ada
contoh struktur sales letter dari sebuah situs www.TroutFishing-Guide.com yang
menjual sebuah eBook tentang cara memancing Ikan Trout.
Sales Letter Creator
Di internet
ada software dan templates untuk membuat sales letter dengan mudah. Anda bisa
mendapatkan ketrampilan dasar untuk membuat sales letter di Niche Profit Classroom, yang memberikan kursus bagaimana membuat sales letter yang menjual
bahkan tersedia software dan templates sales letter yang siap pakai sehingga
anda tidak perlu susah-susah membuat sebuah sales letter yang ampuh.