Monday, May 14, 2012

COMPETITION ASSESSMENT 2

Competition Assessment - Evaluasi PageRank

Dalam artikel Competition Assessment 1 kita menggunakan PageRank (PR) untuk menilai tingkat kompetisi di sebuah pasar. Kita juga telah mempunyai Firefox browser dan plugin SEO Quake ter-install di komputer kita.

Sekarang kita datangi www.Google.com dan lihat PR rata-rata dari halaman web yang muncul di halaman pertama (atau 1 atau utama) di Google SERPs dan lakukan itu untuk tiga keyword teratas. Untuk melakukan langkah ini kita menggunakan browser Firefox dan plugin SEO Quake

Aktifkan plugin SEO Quake dengan meng-klik ikon SEO Quake di pojok kanan bawah browser anda. Setelah di-klik icon akan berubah warna dari abu-abu ke full-color:




Dengan SEO Quake yang telah diaktifkan, ketik “shed plans” (keyword pertama dari 3 keyword teratas) ke Google search menggunakan tanda “kutip”. Hasilnya akan tampil dengan nilai PR di bawah setiap halaman web. Jika karena suatu sebab SEO Quake tidak menampilkan nilai PR-nya, cobalah me-refresh browser-nya.


Sekarang anda perlu menjumlahkan PR setiap halaman web di halaman utama Google SERPs untuk keyword “shed plan”. PR ditampilkan sebagai angka dari 0 – 10. Perhatikan bahwa PR dengan “N/A” tidak boleh dihitung (ini berarti Google belum memberikan nilai), tapi PR = 0 harus ikut dihitung


Dalam kasus ini hasilnya sebagai berikut:

Dari atas ke bawah, PR halaman web paling atas = 1, halaman web kedua PR = 0, halaman web 3 PR = 2 dan seterusnya. Bila kita teruskan ke bawah maka angka PR menjadi 0,1,2,2,1,7,3,0 dan 2. Hanya ada 9 hasil pencarian yang ditampilkan. Jumlah pencarian yang PR nya bisa ikut dihitung bervariasi antara 8, 9 dan 10. Yang penting anda harus fokus pada halaman pertama Google saja.

Bila ke sembilan PR tersebut dijumlahkan nilainya = 18, sehingga rata-rata PR nya menjadi 18/9 = 2. Jadi PR rata-rata untuk kasus “shed plans = 2. Buatlah catatan di notepad sebagai berikut:

Shed Plans PR Average = 2


Ulangi proses di atas untuk 2 keyword lainnya dan setelah selesai maka catatan di notepad kita sebagai berikut:


Shed Plans Average = 2
Free Shed Plans Average = 1
Storage Shed Plans Average = 2


Selanjutnya kita menghitung PR keseluruhan secara final. Anda bisa mendapatkan angka ini dengan menjumlah ketiga angka rata-rata dari 3 top keyword di atas. Hasilnya: 2 + 1 + 2 = 5/3 = 1.6. Angka inilah yang kita cari dan merepresentasi tingkat kompetisi dalam market shed plan secara keseluruhan



Setelah kita mengetahui angka tingkat kompetisi untuk niche market kita, pertanyaannya sekarang: bagaimana kita menginterpretasi angka tersebut? Untuk mekakukan itu anda bisa berpegang pada skala di bawah ini yang memberikan gambaran kasar tentang seberapa cepat anda dapat melihat adanya urutan yang baik di hasil pencarian search engine organik.

Skala tersebut dikembangkan bertahun-tahun secara trial and error dengan menguji ratusan niche markets. Patokan itu memang sederhana dan dapat diandalkan untuk memperkirakan seberapa cepat anda bisa mulai melihat hasil.



Agar lebih spesifik, skala di atas menampilkan rata-rata jangka waktu yang diperlukan untuk berada di 30 peringkat puncak Google untuk keyword yang anda bidik di niche market anda.

Membidik sebuah keyword artinya membangun halaman web untuk situs affiliate berdasarkan keyword tersebut dan secara aktif membangun link balik (backlinks) ke halaman web bersangkutan untuk kurun waktu 3 minggu. Proses ini diajarkan secara rinci langkah demi langkah di Niche Profit Classroom.

Jangan anda bayangkan bahwa kegiatan di atas adalah suatu backlink-campaign yang rumit dengan intensitas tinggi dan memerlukan banyak waktu, justru sebaliknya. Untuk setiap situs web yang kita bangun kita menerapkan apa yang kita sebut dengan 21-day Traffic Blueprint.

Ini merupakan link bulding campaign yang terstruktur untuk situs baru yang terdiri dari article marketing yang dijalankan bersama dengan pemanfaatan satu atau dua link networks yang ampuh (saya menggunakan Rapid Free Traffic) guna membangun link balik bagi anda. Hanya itu yang diperlukan bila anda menggunakan metoda yang diuraikan dalam seri artikel ini

Nah, sangatlah penting untuk membidik keyword terbaik dalam niche market anda. Di Niche Profit Classroom ada satu cara yang sederhana dan praktis untuk menemukan keyword terbaik yang anda perlukan. Anda bisa membaca tentang hal ini di blog post Adam Short yang di-posting di Blog Clickbank dengan judul Moneywords: Your Key to the Keyword Kingdom

Kembali ke skala di atas, saya pribadi merekomendasikan untuk membidik pasar yang paling tidak kompetitif sebab di sinilah anda bisa mendapat tempat di urutan atas Google SERPs paling cepat.

Sebagai pedoman umum, saya menyukai membidik pasar yang mempunyai PageRank rata-rata final menyeluruh kurang dari 3 (lebih rendah semakin baik). Saya sangat jarang melirik niche market yang nilai PR nya lebih dari 3 karena menurut pangalaman saya market semacam ini terlalu kompetitif.

Tentu saja itu tidak berarti bahwa anda tidak bisa melihat hasil yang baik di market seperti itu. Cuma saja diperlukan waktu yang lebih lama dan cukup banyak pekerjaan untuk mendapat urutan atas di hasil pencarian search engine organik. Itulah akhir proses competition assessment kita.

Dengan demikian maka nilai final market kita setelah melalui Formula Tiga-Langkah untuk menemukan Hot Niche Markets adalah sebagai berikut:



Inilah rangkaian 5 artikel seri “Finding Hot Niche Market” yang saya anjurkan untuk dibaca secara lengkap: