Sunday, August 27, 2017

SIKLUS BISNIS NICHE MARKETING – LANGKAH #3

Action – Website Building


Website building merupakan langkah selanjutnya, setelah ide anda teruji melalui serangkaian analisa; baik Customer Demand maupun Competition Research and Analysis. maka segeralah melangkah ke tahap selanjutanya: ACTION untuk website building!

Jangan menunda, karena menunda merupakan awal dari kegagalan. Harus diingat bahwa ada orang lain yang mungkin juga menemukan niche market yang sama, sehingga dengan lewatnya waktu, niche market bisa menjadi lebih kompetitif dan lebih berat untuk digarap.

Selain itu, menunda akan mengurangi semangat anda, lalu timbul kemalasan, dan akhirnya No Action, Talk/Think Only alias NATO! No Action No Money, betul kan?

Jadi, apa yang perlu kita lakukan? Ya buka toko alias membuat situs web. Dalam membuka toko ini ada banyak hal yang perlu di satukan, sehingga akhirnya situs anda siap tayang di dunia maya.

Untuk website building yang menghasilkan income secara cepat dan tepat dalam sebuah niche market (dengan asumsi anda telah menemukan niche market yang profitabel) kita membutuhkan elemen-elemen website sebagai berikut:

Website Building Element #1 - Nama Domain

Ini elemen pertama dalam webiste building, mencari nama untuk situs anda yang bisa dicek di situs penyedia nama domain seperti www.namecheap.com. Nama domain sedapat mungkin sama dengan keyword utama untuk niche market yang akan anda garap, karena hal ini akan mempengaruhi kecepatan anda melejit ke urutan atas. Google menyukai situs yang memiliki exact keyword phrase domain name

Andaikan anda mempunyai niche market untuk Kindle Reviews dengan keyword utama “kindle reviews” maka paling bagus bila anda bisa menggunakan nama kindlereviews.com.

Harus diingat untuk keperluan komersial seperti menjual barang dan jasa di internet maka situs-situs sebaiknya menggunakan nama domain dengan akhiran .com (dot com) karena dianggap paling berbobot di dunia maya. Kalau tersedia maka pilihan kedua bisa .net (dot net).
 
Kalaupun ternyata sudah ada yang memakai, siasati agar nama yang dekat-dekat dengan ide orisinal anda bisa digunakan, kalau tidak coba perhatikan nama-nama yang disarankan oleh situs domain name provider. Biaya sebuah nama domain harganya sekitar US $10.16,- per tahun, yang tiap tahun harus diperpanjang  

Website Building Element #2 – Konten situs

Konten situs merupakan “jiwa” dari sebuah situs. Oleh karenanya konten ini harus disiapkan dengan matang dan terarah berdasarkan keywords yang digunakan untuk website building niche market anda.

Konten situs inilah yang menjadi daya tarik utama karena nilai informasi yang dianggap penting oleh customer atau pengunjung situs anda. Untuk sebuah situs niche marketing yang efektif anda bisa mulai dengan 6 – 7 halaman konten yang didasarkan seperangkat keywords yang sesuai dengan tema situs anda.

Untuk memelihara daya tarik, anda perlu terus menambah konten yang baru dan segar. Situs yang “hidup” seperti ini disukai baik oleh pengunjung manusia maupun spiders dari search engines. Semakin banyak informasi yang berbobot semakin bermanfaat situs anda bagi customer atau pengunjung situs anda.

Kegiatan menulis konten menjadi bagian terpenting dari website building dan sebaiknya anda lakukan sendiri. Banyak juga tersedia artikel di article directories seperti EzineArticles.com, Articlebase.com, ArtcleDashboard.com dan sebagainya yang siap diimpor untuk melengkapi konten situs anda. Namun menulis artikel sendiri lebih baik, lebih lagi dalam rangka menerapkan article marketing untuk mendapatkan backlinks. Selain itu menulis artikel bisa membuat anda menjadi seorang ahli tentang suatu topik. Dan ini berguna bagi kelanjutan bisnis anda.

Untuk menulis konten anda bisa menyewa seorang penulis yang banyak menawarkan jasanya di internet (Untuk artikel berbahasa Inggris meng-hire seorang penulis dari Filipina merupakan opsi paling ekonomis adalah). Ini merupakan suatu pertimbangan bila kelak bisnis internet anda tumbuh besar yang memerlukan produksi konten secara intensif. Untuk saat ini dimana sumber daya masih terbatas, coba lakukan semuanya sendiri.

Supaya konten anda terkesan diperbaharui terus, maka anda dianjurkan untuk menggunakan fasilitas RSS-Feed, yaitu suatu penyedia informasi berdasarkan keyword yang terus di-update. Sumber info RSS-Feed adalah Google dan Yahoo. Cara memaksimalkan penggunaan RSS ini bisa anda baca di artikel RSS Marketing   

Website Building Element #3 - Produk

Sebagai bagian dari website building, produk merupakan sumber penghasilan anda. Produk yang anda tawarkan haruslah produk yang laku atau yang permintaannya tinggi. Anda bisa menjual produk affiliasi atau produk yang anda ciptakan sendiri. Kebanyakan pemula mulai berbisnis internet sebagai affiliate marketer di mana mereka menjual produk orang lain.

Utamakan menjual product digital yang bisa di-download gratis, sehingga meringankan beban ongkos kirim. Selain itu produk digital menawarkan komisi yang paling tinggi – biasanya 45 – 65% yang bisa anda temukan di Clickbank.com. Sedangkan barang-barang non-digital memberikan prosentasi yang rendah, kecuali bila anda berhasil menjual dalam jumlah banyak, maka anda akan diberikan semacam insentif dalam bentuk tambahan komisi. Produk farmasi dan teknologi bisa memberikan komisi yang menarik

Menciptakan produk sendiri memerlukan pengalaman dan jam terbang berbisnis di internet. Product creation bisa dipelajari dan sebetulnya tidak sulit. Product creation seperti ebook, audiobook, video sebagai produk utama atau upsell bisa dipelajari di Niche Profit Classroom.

Cara untuk menemukan produk yang mendatangkan profit dengan cepat dan pasti dapat anda baca di artikel Go Where the Money Is    

Website Building Element #4 – Mini-course atau Newsletter Berkala

Salah satu unsur suksesnya website building adalah menerbitkan Newsletter atau Mini-course. Keduanya merupakan serangkaian message atau informasi berkesinambungan yang di broadcast melalui email secara berkala dan otomatis melalui sebuah autoresponder kepada prospek yang berlangganan Newsletter atau Mini-course anda yang mendaftar melalui opt-in form yang tersedia.

Ini adalah kegiatan yang bertujuan membangun email list (List Building) dari prospek yang tertarik dengan penawaran anda untuk dilakukan follow up di kemudian hari dan juga dalam rangka mempertahankan customer (Customer Retention) untuk jangka panjang.

Sebuah mini-course yang digunakan dalam sebuah situs niche marketing cukup terdiri dari 10 – 12 messages yang bisa di broadcast ke pelanggan dengan interval waktu antara 1 – 3 hari sekali. Ini artinya anda perlu menyiapkan 12 pesan dengan topik yang berbeda namun tetap berada dalam tema situs anda secara keseluruhan.

Dalam beberapa pesan yang disampaikan terkandung usaha untuk menjual apa yang anda tawarkan. Intensitas selling bisa hard-selling maupun soft-selling. Cara membuat atau menulis rangkaian pesan newsletter yang menjual dengan efektif dapat anda dapatkan di Niche Profit Classroom

Di kemudian hari anda bisa menambah pesan-pesan sehingga mencakup kurun waktu yang cukup panjang. Ada webmaster yang mempunyai newsletter series sebanyak 72 pesan (bisa lebih) yang di-broadcast setiap 3 hari sekali, sehingga kurun waktu yang dicakup bisa lebih dari 6 bulan. Selling message bisa berupa produk-produk lain yang masih terkait dengan penawaran utama yang bisa didapatkan dengan mudah di affiliate product provider

Membangun email list tidak hanya dengan newsletter atau mini-course, bisa juga berupa sebuah e-book atau e-report gratis berisi topik yang berkaitan dengan tema website anda. Untuk menulis topik yang banyak diminati and perlu juga melakukan riset customer demand, sehingga banyak yang mendaftar di opt-in form website anda.

Website Building Element #5 - Website berbasis SEO

Banyak macam, bentuk dan struktur website bisa anda gunakan sesuai kebutuhan anda. Membuat blog dengan Wordpress saat ini merupakan satu fasilitas website building yang paling praktis dan cepat. Wordpress menyediakan berbagai fasilitas atau plugins yang akan mempermudah membangun sebuah blog yang diperlukan untuk menjalankan niche marketing. Untuk tampilan blog Wordpress tersedia ratusan themes yang bisa anda download gratis (ada yang berbayar) dalam bentuk zip-file di www.wordpress.org atau www.wordpressthemesbase.com

Agar blog niche marketing tergolong search engine friendly, ada plugin All in One SEO Pack yang dengan mudah bisa membuat blog anda ditemukan oleh Google dan search engines lain karena halaman blog anda telah teroptimalisasi dengan baik sesuai keinginan search engines.

Karena Google senang mengunjungi sitemap (peta situs) sebuah website atau blog untuk meng-index halaman, maka kita bisa memanfaatkan Google XML Sitemap plugin agar spider Google bisa mengunjungi kita dengan rasa senang dan nyaman, karena pekerjannya jadi lebih mudah.

Anda bisa menggunakan berbagai widgets untuk memperkaya fungsi blog anda, seperti membuat optin-form dan download produk pada side-bar blog anda. Pemasangan iklan AdSense juga dimudahkan dan disediakan plugin dan layout-nya.

Kelengkapan fasilitas inilah yang membuat Wordpress dipakai secara luas untuk website building di seluruh dunia baik oleh para profesional maupun oleh orang awam yang hanya sekedar ingin mengekspresikan dirinya.

Website Building Element #6 – Berlangganan autoresponder

Seperti disinggung di atas, niche website kita memerlukan sebuah autoresponder yang merupakan semacam alat yang membantu anda untuk mengelola, menerima dan mengirim serangkaian e-mail secara otomatis yang merupakan bagian dari newsletter berkala atau mini-course yang kita buat.

Auto responder merupakan bagian yang harus diintegrasikan dengan website building kita karena ada form opt-in yang fungsinya untuk menerima pelanggan newsletter atau mini-course dan tersambung dengan penyedia autoresponder yang kemudian akan melakukan pekerjaan selebihnya untuk anda.

Alat ini bisa diatur sesuai keinginan kita dan bekerja siang malam secara kontinu menerima dan membalas email tanpa kenal lelah. Saya menggunakan AWeber Autoresponder yang saya nilai paling reliable, ekonomis dengan fasilitas yang sangat lengkap. Pengoperasiannya juga mudah. Tentu ada beberapa pilihan jasa autoresponder lain seperti GetResponse, Mailloop, SendStudio dan Contact

Autoresponder ini berbayar secara bulanan. Untuk pemanfaatan AWeber secara maksimal ada berbagai tutorial dan video demos yang bisa kita lihat.  

Website Building Element #7 – Hosting Service.

Setelah rampungnya website building anda, maka untuk menayangkan situs atau niche blog anda di internet anda memerlukan jasa hosting. Pilihlah hosting yang terkemuka yang banyak digunakan seperti www.hostgator.com yang saya gunakan.

Anda memerlukan cPanel yang memungkinkan anda mengelola file situs-situs yang anda miliki, ada fasilitas untuk menambah (addon) domains, membuat email address, membentuk, mengimpor dan mengekspor database. Juga ada Fantastico de Luxe yang digunakan untuk men-download dan menginstalasi Wordpress dengan sangat mudah.  

Hosting services menawarkan paket-paket berbayar yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, rata-rata berkisar antara $8 - $12 per bulan. Dalam paket itu ada berbagai services yang ditawarkan seperti jumlah domain dan kapasitas bandwith yang tak terbatas, website templates, dan ratusan tutorials yang dimaksudkan untuk memperkaya pengetahuan dan ketrampilan anda mengenai seluk beluk hosting. 
    
Website Building Element #8 – Sales Letter atau Sales Page

Sales letter atau sales page memiliki peranan penting dalam mengkonversi pengunjung situs anda menjadi pembeli yang akhirnya menekan tombol “BUY”. Bila kita menjual produk fisik seperti camera atau furniture maka cukup kita tampilkan gambar dan spesifikasi produk, harga dan sebuah tombol “buy”

Namun karena kita menjual produk informasi, maka sales page ini berisi penjelasan yang bisa panjang dan terperinci tentang mengapa mereka harus membeli produk yang anda tawarkan.  Dibutuhkan salesmanship agar orang bisa yakin dan percaya bahwa produk anda merupakan solusi terhadap masalahnya. Untuk membuat sebuah sales page atau sales letter yang menjual, anda bisa meminta bantuan seorang sales-copy writer atau outsourcing.

Website Building Element #9 – Graphics

Graphics merupakan elemen-elemen visual dari sebuah website. Kita tentu ingin membuat website kita tampil menarik dan bukan justru membuat orang meninggalkan website kita karena tampilan yang buruk dan terkesan kurang bonafid.

Graphics bisa menimbulkan kesan bahwa website kita serius, berkualitas tinggi dengan konten yang bisa diandalkan sehingga menimbulkan kepercayaan pengunjung terhadap website kita dan kontennya.

Kita tidak perlu menebar graphics secara berlebihan. Yang kita perlukan sesuai dengan kebutuhan dan fungsi situs kita adalah sebuah header graphic dan e-book cover graphic. Keduanya perlu kita buat sendiri. Header merupakan graphic yang diletakkan di bagian atas webpage, sedangkan e-book cover merupakan visualisasi dari produk informasi yang kita tawarkan.

Untuk memperkuat konten sebuah webpage kita bisa menambah beberapa foto-images yang relevan dan sesuai dengan judul konten atau keyword yang kita gunakan untuk webpage bersangkutan. Kita bisa mencari foto-foto gratis yang cukup bagus di beberapa situs. Foto berkualitas tinggi bisa kita beli secara online dan biasanya tidak terlalu mahal.

Itulah elemen-elemen website building yang harus kita siapkan sebelum dikompilasi dan disesuaikan agar website yang kita buat berfungsi dengan baik. Membuat website yang lengkap diajarkan dan dipraktekkan secara langkah demi langkah dengan sangat detail di Module Website Launching di Niche Profit Classroom.

Di akhir module tersebut anda akan menjadi piawai membuat sebuah blog yang diperlukan untuk membangun multiple online business anda. Just click on the banner bellow 
Reminder:

6 Langkah dalam Niche Marketing Business Cycle:

Langkah # 1 – Idea
Langkah # 2 – Analysis
Langkah # 3 – Action
Langkah # 4 – Promotion
Langkah # 5 – Customer Retention
Langkah # 6 – Duplication