Friday, August 25, 2017

SIKLUS BISNIS NICHE MARKETING – LANGKAH #1

Niche Market Research: Ideas Gathering and Brainstorming



Langkah awal yang saya akan jelaskan dan termasuk dalam kegiatan niche market research yaitu mencari ide atau sebuah topik tentang apa yang hendak kita jual. Ide ini boleh apa saja, dan biarkan ide-ide ini mengalir dari kepala anda, dan tulis di atas secarik kertas. Saya biasanya menulis ide-ide dalam sebuah buku catatan khusus, semacam log-book, siapa tahu ide-ide itu bisa saya kembangkan dan bermanfaat di kemudian hari.

Bagi orang yang kreatif mencari ide adalah pekerjaan yang mudah, tapi bagi orang lain ini adalah pekerjaan yang mungkin cukup sulit. Bagaimana kalau kita kesulitan mencari ide seperti itu? Kita bisa mulai mencarinya di internet. Dengan browsing kita bisa mendapat ide dari apa yang sudah ada di market, atau apa yang sedang popular atau apa yang banyak dibicarakan orang. Tempat mencari idenya sebagai berikut:

Niche market research #1– Mencari apa yang ada di market

Kita manfaatkan situs-situs toko online besar yang bisa dijadikan sasaran niche market research untuk menggali ide seperti  misalnya


Clickbank adalah situs yang menjual produk informasi digital seperti ebooks, audiobooks, video yang mudah di-download sehingga merupakan produk yang menjadi favorit para webmaster untuk menambah income dengan menjadi affiliate.

Dari niche market research di Clickbank Marketplace anda bisa mendapatkan informasi tentang judul yang sedang menjadi trend atau bestseller saat ini. Catat judul-judul itu untuk di-brainstorm dan dijajaki lebih lanjut

Dari niche market research di Amazon kita bisa mendapat informasi serupa berupa judul buku-buku cetak atau hardcover yang saat ini jadi buku best-selling. Ranking 1 – 10 judul buku saja sudah bisa banyak memberikan inspirasi untuk mencetuskan sebuah ide. Coba cermati Consumer Review  dari buku-buku best-selling itu untuk menambah info dan memperkaya ide yang ada.

Untuk barang-barang non-buku, Ebay dan Yahoo bisa jadi inspirator tentang barang apa yang sedang laku keras. Kita bisa pertimbangkan kelak untukmenjadi affiliate dan menulis artikel tentang barang laku tersebut.

Niche market research #2 – Mencari apa yang sedang menjadi trend atau popular

Untuk niche market research ini kita menggunakan mesin pencari paling besar www.google.com. Di Google kita bisa dapat ide dari 2 tempat:


Dari yang pertama kita mendapat informasi dari 100 topik yang sedang menjadi trend atau paling popular pada saat ini. Sedangkan dari yang kedua, merupakan informasi tentang tema atau keyword/phrase yang paling banyak diketik dalam kotak pencarian Google. Nah, dari situ pasti ada dong ide yang muncul, bahkan bisa langsung anda kembangkan atau di riset lebih lanjut.

Tempat lain untuk mencari apa yang sedang popular, kunjungi saja www.50.lycos.com

Niche market research #3 - Apa yang sedang dicari orang lain

Untuk tahu apa saja yang sedang banyak dicari orang kita bisa berkunjung ke


Dengan cara di atas, dapat saya pastikan bahwa akan sangat mudah mendapat ide. Yang terjadi adalah sebaliknya, anda akan kebanyakan ide, sehingga anda menjadi bingung yang mana mesti dikembangkan. Anda bisa melakukan penggalian ide dengan cara lain, karena melakukan niche market research tidak terbatas pada 3 cara di atas. Informasi lebih dalam mengenai ini bisa dibaca pada artikel Go Where the Money Is.

Apa langkah selanjutnya setelah mendapat ide yang bagus dan ingin memastikan datangnya keuntungan dan uang bagi anda dengan cepat? Kita masuk ke langkah # 2 di artikel berikut

Reminder:

6 Langkah dalam Niche Marketing Business Cycle:

Langkah # 1 – Idea
Langkah # 2 – Analysis
Langkah # 3 – Action
Langkah # 4 – Promotion
Langkah # 5 – Customer Retention
Langkah # 6 – Duplication