Niche Market Research: Ideas
Gathering and Brainstorming
Langkah awal yang saya
akan jelaskan dan termasuk dalam kegiatan niche market research yaitu mencari
ide atau sebuah topik tentang apa yang hendak kita jual. Ide ini boleh apa
saja, dan biarkan ide-ide ini mengalir dari kepala anda, dan tulis di atas
secarik kertas. Saya biasanya menulis ide-ide dalam sebuah buku catatan khusus,
semacam log-book, siapa tahu ide-ide itu bisa saya kembangkan dan bermanfaat di
kemudian hari.
Bagi orang yang kreatif
mencari ide adalah pekerjaan yang mudah, tapi bagi orang lain ini adalah
pekerjaan yang mungkin cukup sulit. Bagaimana kalau kita kesulitan mencari ide
seperti itu? Kita bisa mulai mencarinya di internet. Dengan browsing kita bisa
mendapat ide dari apa yang sudah ada di market, atau apa yang sedang popular
atau apa yang banyak dibicarakan orang. Tempat mencari idenya sebagai berikut:
Niche market research #1– Mencari apa yang ada di market
Kita manfaatkan
situs-situs toko online besar yang bisa dijadikan sasaran niche market research
untuk menggali ide seperti misalnya
Clickbank adalah situs
yang menjual produk informasi digital seperti ebooks, audiobooks, video yang
mudah di-download sehingga merupakan produk yang menjadi favorit para webmaster
untuk menambah income dengan menjadi affiliate.
Dari niche market
research di Clickbank Marketplace anda bisa mendapatkan informasi tentang judul
yang sedang menjadi trend atau bestseller saat ini. Catat judul-judul itu untuk
di-brainstorm dan dijajaki lebih lanjut
Dari niche market
research di Amazon kita bisa mendapat informasi serupa berupa judul buku-buku cetak
atau hardcover yang saat ini jadi buku best-selling. Ranking 1 – 10 judul buku
saja sudah bisa banyak memberikan inspirasi untuk mencetuskan sebuah ide. Coba
cermati Consumer Review dari buku-buku
best-selling itu untuk menambah info dan memperkaya ide yang ada.
Untuk barang-barang
non-buku, Ebay dan Yahoo bisa jadi inspirator tentang barang apa yang sedang
laku keras. Kita bisa pertimbangkan kelak untukmenjadi affiliate dan menulis
artikel tentang barang laku tersebut.
Niche market research #2 – Mencari apa yang sedang menjadi trend atau
popular
Untuk niche market
research ini kita menggunakan mesin pencari paling besar www.google.com.
Di Google kita bisa dapat ide dari 2 tempat:
Dari yang pertama kita
mendapat informasi dari 100 topik yang sedang menjadi trend atau paling popular
pada saat ini. Sedangkan dari yang kedua, merupakan informasi tentang tema atau
keyword/phrase yang paling banyak diketik dalam kotak pencarian Google. Nah,
dari situ pasti ada dong ide yang muncul, bahkan bisa langsung anda kembangkan
atau di riset lebih lanjut.
Tempat lain untuk
mencari apa yang sedang popular, kunjungi saja www.50.lycos.com
Niche market research #3 - Apa yang sedang dicari orang lain
Untuk tahu apa saja yang
sedang banyak dicari orang kita bisa berkunjung ke
Dengan cara di atas,
dapat saya pastikan bahwa akan sangat mudah mendapat ide. Yang terjadi adalah
sebaliknya, anda akan kebanyakan ide, sehingga anda menjadi bingung yang mana
mesti dikembangkan. Anda bisa melakukan penggalian ide dengan cara lain, karena
melakukan niche market research tidak terbatas pada 3 cara di atas. Informasi
lebih dalam mengenai ini bisa dibaca pada artikel Go Where the Money Is.
Apa langkah selanjutnya
setelah mendapat ide yang bagus dan ingin memastikan datangnya keuntungan dan
uang bagi anda dengan cepat? Kita masuk ke langkah # 2 di artikel berikut
Reminder:
6 Langkah dalam Niche
Marketing Business Cycle:
Langkah # 1 – Idea
Langkah # 2 – Analysis
Langkah # 3 – Action
Langkah # 4 – Promotion
Langkah # 5 – Customer Retention
Langkah # 6 – Duplication