Saturday, May 26, 2012

PRODUCT OFFER

Product Offer Selection

Product offer bahasan kita kali ini adalah tentang beberapa kelompok produk dan jasa yang bisa kita pasarkan dan jual melalui internet

Setidaknya ada 4 kelompok produk atau jasa dalam internet marketing yang paling banyak ditawarkan dalam bisnis online. Anda bisa memulai dangan salah satu pilihan product offer untuk kemudian dikombinasikan dengan yang lainnya. Cara penggabungan ini memang dilakukan oleh hampir semua internet marketer.

Product Offer #1 - Information Products

Ini adalah ide inti internet marketing yang sesungguhnya. Internet marketing berawal dari kebutuhan orang akan informasi. Di seluruh dunia ada jutaan orang yang haus akan beraneka informasi. Jika Anda bisa menjadi penyedia informasi yang tepat dan dibutuhkan pasar atau pihak tertentu, maka menjual informasi yang anda miliki bisa menghasilkan banyak uang.

Berjualan informasi bisa dilakukan dengan 2 format di bawah ini:

Situs Berlangganan – Banyak internet marketer yang menjual informasi dengan membuka situs berlangganan atau membership site yang memberikan informasi yang berharga, unik, terkini, sulit diperoleh dari sumber lain dan terperbaharui secara berkala. Contoh: newsletter atau ezine, laporan khusus tentang satu topik tertentu, clipping, majalah dan kursus elektronik dan masih banyak lagi product offer yang lain

Digital products - E-book atau electronic book, audio CD, Video CD, DVD's sangat popular karena bisa di download secara instan. Banyak internet marketer Indonesia menghasilkan ratusan juta rupiah karena menciptakan digital products yang kemudian berhasil menjadi best seller.

Bila Anda ahli dalam satu bidang dimana orang lain bisa belajar dan memperoleh manfaat, pertimbangkan untuk menulis E-book dan menerbitkan versi audio-videonya.  Membuat digital products cukup mudah. Banyak tersedia software untuk membuat video yang praktis dengan biaya murah

Note: Cara membuat digital products seperti audio dan video diajarkan secara lengkap dan tuntas di Niche Profit Classroom. Ikut module “Web Video Secrets Revealed” di kelas ini.

Product Offer #2 - Physical Products

Physical product offer juga bisa menghasilkan uang walaupun anda harus mengeluarkan extra effort dan modal untuk bisa berhasil terutama bila product offer-nya milik anda sendiri.

Saat ini sudah banyak orang yang berusaha menjual produk hasil karya sendiri seperti makanan, pakaian, karya seni yang biasanya dilakukan oleh usaha rumahan atau UKM melalui internet. Ada beberapa tambahan beban yang harus anda tanggung bila product offer-nya adalah produk fisik milik anda sendiri

Pertama
, tanggung jawab dan resiko sebagai produsen, pemilik dan sekaligus penjual akan menjadi beban anda, seperti menerima dan mencatat order, merekam data pembeli, memeriksa persediaan, melakukan pengiriman barang, mengurus pembayaran dan melayani keluhan pembeli. Beban semacam ini tidak ada saat anda menjadi affiliate marketer alias menjual produk orang lain

Kedua, anda harus memperhitungkan persediaan stok dan tempat menyimpannya. Apakah anda siap modal untuk itu? Sanggupkah anda melayani pesanan kecil dari pembeli nun jauh di sana? Cukupkah sumber daya anda bila tiba-tiba saja ada permintaan yang luar biasa? Itu beberapa kemungkinan yang perlu dipikirkan.

Dengan cara ini, sebetulnya bisnis online anda menjadi sebuah perusahaan pesan-antar barang yang merupakan kerjaan offline. Kerja online-nya justru sedikit sekali, yaitu membuat situs katalag produk anda serta mencatat dan mengolah pesanan langganan dengan sebuah program sederhana.

Ada cara paling gampang untuk menjual produk fisik milik sendiri, yaitu melalui toko online terbesar di dunia eBay. Dengan menjadi anggota eBay anda bisa menjual apa saja melalui jaringan eBay. Ingin tahu lebih banyak tentang eBay?

Bagaimana kalau physical product offer-nya milik orang lain dan anda hanya jadi affiliate? Memang ada banyak penyedia produk fisik dan menawarkan untuk menjadi affiliate seperti Amazon.com Namun komisinya tidaklah sebesar komisi information product offer.

Product Offer #3 - Services

Banyak internet marketer menjual jasa seperti: web hosting, domain name registration, hosted software applications, pembuatan website, comparison shopping services dan sebagainya. Kalau anda seorang ahli hukum atau penasehat bisnis anda bisa menawarkan jasa anda diluar sana melalui internet.

Anda bisa menjadi “broker” antara pembeli dan penjual untuk suatu barang yang biasanya antik dan unik. Keahlian yang lain yang anda miliki bisa anda “jual” di internet, seperti translation, writing, reporting, proof-reading atau ikut paid surveys yaitu sure=vei online berbayar yang dilakukan oleh banyak perusahaan global.

Product Offer #4 - Advertising

Ada satu lagi product offer yang unik. Banyak webmaster membuat situs khusus untuk dipasangi iklan. Antara lain dengan membuat situs Adsense. Caranya dengan bergabung dengan ad-network atau memasang Google AdSense-ad dalam situs-nya (perhatikan text Ads by Google dalam sebuah situs, itu berarti dia sedang menjual iklan yang diatur oleh Google).

Iklan dalam internet marketing menghasilkan banyak uang, terutama bila traffic situs Anda sudah cukup besar. Banyak pula yang berhasil mendapat income yang besar dari situs Adsense semacam ini. Walaupun demikian kita tidak boleh mengisinya dengan konten yang asal-asalan, karena Google tetap akan memilih situs yang bagus kontennya dan relevan dengan tema situs, walaupun situs itu memasang iklan Google.