Wednesday, April 25, 2012

FINDING HOT NICHES

Cara Menemukan Hot Niches

Finding hot niches adalah langkah pertama dari Formula 3-Langkah kita dan saya beri judul “Go where the money is”, karena kita akan mencari tahu di niche market yang mana ada satu produk yang laris atau di mana orang membelanjakan banyak uang untuk produk itu.

Salah satu hal yang akan kita nilai dalam finding hot niches adalah yang disebut dengan “buyer motivation” atau “motivasi pembeli”. Cobalah kita abaikan saja dulu apakah ada kompetisi dalam pasar tersebut atau tidak, atau adanya faktor-faktor lainnya.

Pada tahapan ini, kita sekedar ingin tahu di mana uang dibelanjakan di internet. Dalam tulisan-tulisan selanjutnya kita akan meninjau perihal kompetisi dan besarnya pasar.  

Dalam rangka finding hot niches ini sesungguhnya ada banyak cara untuk menemukan topik-topik dalam sebuah pasar untuk kita gali lebih dalam. Beberapa cara antara lain:

Finding hot niches #1 - Belilah satu majalah setiap minggu tentang topik yang tidak biasa anda baca atau kurang anda minati. Ada tujuan ganda di sini. Pertama, anda akan mendapat ide-ide yang tidak pernah terpikir oleh anda untuk dijadikan sebuah niche market. Kedua, anda bisa memperluas wawasan anda.

Finding hot niches #2 - Luangkan waktu untuk browsing di Amazon.com dan Clickbank.com, bahkan eBay.com. Perhatikan buku-buku dan produk-produk di Amazon yang terdapat pada top-seller list. Apa saja yang popular? Kemudian, apa yang banyak dibelu oleh konsumen? Ajukan pertanyaan yang sama untuk  produk-produk di Clickbank Marketplace dan eBay Auction.

Melakukan hal ini benar-benar bisa membosankan, namun merupakan kegiatan yang HARUS anda lakukan. Luangkan satu hari penuh untuk mencermati bahan-bahan yang ada di situ. Lama-lama pikiran anda terbiasa dan bisa menjelma menjadi sebuah mesin riset.

Finding hot niches #3 - Bukalah telinga anda lebar-lebar. Dengarkanlah apa yang dibicarakan orang-orang. Bacalah forums dan blogs, Twitter.com, dan Facebook.com. Apa saja pembahasan yang lagi hangat-hangatnya? Apakah ada subyek yang menonjol yang dipertanyakan secara khusus oleh banyak orang? Ide-de akan secara otomatis tercetus dalam benak anda bila anda telah terbiasa melakukan riset pemasaran secara teratur

Finding hot niches #4 - Tulislah semuanya dalam catatan anda. Jangan percaya pada memori anda untuk mengingat topik-topik yang kelihatannya banyak dibicarakan. Memang, hidup ini terus berjalan dan mudah terlupakan.

Finding hot niches #5 - YouTube merupakan sumber yang sangat bagus untuk menemukan sebuah topik. Sebetulnya orang menggunakan YouTube layaknya menggunakan Search Engine untuk mencari berbagai informasi. Bila ada topik yang lagi hangat di YouTube berarti ada minat yang besar pada topik tersebut.

Lebih lagi sebuah video bisa lebih mudah dioptimalisasi ketimbang sebuah halaman web, sehingga bisa memudahkan untuk traffic generating di pasar yang kelihatannya sulit untuk menduduki urutan teratas dalam hasil pencarian search engines.

Jadi, anda dapat menggunakan YouTube untuk menembus pasar dan melewati kesulitan pencarian organik yang biasa menghadang (Hal ini akan dibahas dalam tulisa tersendiri). 

Semua saran untuk finding hot niches di atas merupakan cara-cara yang sangat baik untuk melakukan brainstorming tentang ide-ide pasar. Kita belum tahu apakah niche market yang kita temukan itu akan memenuhi kriteria untuk dilanjutkan ke langkah berikutnya,  namun brainstorming ini merupakan langkah awal yang sangat bagus.

Setelah anda mempunyai daftar topik yang anda anggap mungkin bisa menjadi niche market yang menguntungkan, maka anda harus melihat lebih dalam, topik mana yang laris secara online.

Jadi tujuan dan alasan perlunya langkah 1 ini adalah untuk menghilangkan resiko dengan menemukan kepastian. Dengan menganalisa pasar secara benar untuk menemukan di mana uang telah terbukti mengalir dengan deras, maka secara substansial anda telah meningkatkan potensi keberhasilan anda, membuang pasar yang kering dan miskin, serta memastikan bahwa anda bakal mencurahkan tenaga dan waktu untuk niche market yang benar-benar menguntungkan.

Tidak ada yang lebih menyedihkan dari pada meluangkan begitu banyak waktu, tenaga dan uang untuk sebuah niche market yang tidak mempunyai potensi untuk keuntungan jangka panjang dan terus menerus.  

Jadi, mengapa kita harus menemukan pasar di mana banyak uang telah jelas terbukti dibelanjakan? Kalau sesuatu berhasil di masa lalu, maka besar kemungkinannya untuk berhasil di masa mendatang. Jadi, mengapa kita harus memikirkan cara-cara baru?

Bila keuntungan bisa diraih saat ini, maka keuntungan bisa di raih esok hari. Dan untungnya, bila anda mengikuti Formula Tiga-Langkah ini untuk menemukan Hot Niche Markets, maka anda akan bisa mendapat keuntungan dengan mudah!

Topik selanjutnya: Bagian #2 – ClickBank Marketplace

Inilah rangkaian 5 artikel seri “Finding Hot Niche Market” yang saya anjurkan untuk dibaca secara lengkap: