Cara Menemukan Hot Niches
Finding hot niches adalah langkah pertama dari Formula
3-Langkah kita dan saya beri judul “Go
where the money is”, karena kita akan mencari tahu di niche market yang
mana ada satu produk yang laris atau di mana orang membelanjakan banyak uang
untuk produk itu.
Melakukan hal ini benar-benar bisa membosankan, namun merupakan kegiatan yang HARUS anda lakukan. Luangkan satu hari penuh untuk mencermati bahan-bahan yang ada di situ. Lama-lama pikiran anda terbiasa dan bisa menjelma menjadi sebuah mesin riset.

Salah satu hal yang akan kita nilai dalam finding
hot niches adalah yang disebut dengan “buyer motivation” atau “motivasi
pembeli”. Cobalah kita abaikan saja dulu apakah ada kompetisi dalam pasar
tersebut atau tidak, atau adanya faktor-faktor lainnya.
Pada tahapan ini, kita sekedar ingin tahu di mana
uang dibelanjakan di internet. Dalam tulisan-tulisan selanjutnya kita akan
meninjau perihal kompetisi dan besarnya pasar.
Dalam rangka finding hot niches ini sesungguhnya
ada banyak cara untuk menemukan topik-topik dalam sebuah pasar untuk kita gali
lebih dalam. Beberapa cara antara lain:
Finding hot niches #1 - Belilah satu majalah
setiap minggu tentang topik yang tidak biasa anda baca atau kurang anda minati.
Ada tujuan ganda di sini. Pertama, anda akan mendapat ide-ide yang tidak pernah
terpikir oleh anda untuk dijadikan sebuah niche market. Kedua, anda bisa
memperluas wawasan anda.
Finding hot niches #2 - Luangkan waktu untuk
browsing di Amazon.com dan Clickbank.com, bahkan eBay.com. Perhatikan buku-buku
dan produk-produk di Amazon yang terdapat pada top-seller list. Apa saja yang
popular? Kemudian, apa yang banyak dibelu oleh konsumen? Ajukan pertanyaan yang
sama untuk produk-produk di Clickbank
Marketplace dan eBay Auction.
Melakukan hal ini benar-benar bisa membosankan, namun merupakan kegiatan yang HARUS anda lakukan. Luangkan satu hari penuh untuk mencermati bahan-bahan yang ada di situ. Lama-lama pikiran anda terbiasa dan bisa menjelma menjadi sebuah mesin riset.
Finding hot niches #3 - Bukalah telinga anda
lebar-lebar. Dengarkanlah apa yang dibicarakan orang-orang. Bacalah forums dan
blogs, Twitter.com, dan Facebook.com. Apa saja pembahasan yang lagi hangat-hangatnya?
Apakah ada subyek yang menonjol yang dipertanyakan secara khusus oleh banyak
orang? Ide-de akan secara otomatis tercetus dalam benak anda bila anda telah
terbiasa melakukan riset pemasaran secara teratur
Finding hot niches #4 - Tulislah semuanya dalam
catatan anda. Jangan percaya pada memori anda untuk mengingat topik-topik yang
kelihatannya banyak dibicarakan. Memang, hidup ini terus berjalan dan mudah
terlupakan.
Finding hot niches #5 - YouTube merupakan sumber
yang sangat bagus untuk menemukan sebuah topik. Sebetulnya orang menggunakan
YouTube layaknya menggunakan Search Engine untuk mencari berbagai informasi.
Bila ada topik yang lagi hangat di YouTube berarti ada minat yang besar pada
topik tersebut.
Lebih lagi sebuah video bisa lebih mudah dioptimalisasi
ketimbang sebuah halaman web, sehingga bisa memudahkan untuk traffic generating
di pasar yang kelihatannya sulit untuk menduduki urutan teratas dalam hasil
pencarian search engines.
Jadi, anda dapat menggunakan YouTube untuk
menembus pasar dan melewati kesulitan pencarian organik yang biasa menghadang
(Hal ini akan dibahas dalam tulisa tersendiri).
Semua saran untuk finding hot niches di atas
merupakan cara-cara yang sangat baik untuk melakukan brainstorming tentang
ide-ide pasar. Kita belum tahu apakah niche market yang kita temukan itu akan
memenuhi kriteria untuk dilanjutkan ke langkah berikutnya, namun brainstorming ini merupakan langkah
awal yang sangat bagus.
Setelah anda mempunyai daftar topik yang anda
anggap mungkin bisa menjadi niche market yang menguntungkan, maka anda harus
melihat lebih dalam, topik mana yang laris secara online.
Jadi tujuan dan alasan perlunya langkah 1 ini
adalah untuk menghilangkan resiko dengan menemukan kepastian. Dengan
menganalisa pasar secara benar untuk menemukan di mana uang telah terbukti
mengalir dengan deras, maka secara substansial anda telah meningkatkan potensi
keberhasilan anda, membuang pasar yang kering dan miskin, serta memastikan
bahwa anda bakal mencurahkan tenaga dan waktu untuk niche market yang
benar-benar menguntungkan.
Tidak ada yang lebih menyedihkan dari pada
meluangkan begitu banyak waktu, tenaga dan uang untuk sebuah niche market yang
tidak mempunyai potensi untuk keuntungan jangka panjang dan terus menerus.
Jadi, mengapa kita harus menemukan pasar di mana
banyak uang telah jelas terbukti dibelanjakan? Kalau sesuatu berhasil di masa
lalu, maka besar kemungkinannya untuk berhasil di masa mendatang. Jadi, mengapa
kita harus memikirkan cara-cara baru?
Bila keuntungan bisa diraih saat ini, maka
keuntungan bisa di raih esok hari. Dan untungnya, bila anda mengikuti Formula
Tiga-Langkah ini untuk menemukan Hot Niche Markets, maka anda akan bisa
mendapat keuntungan dengan mudah!
Topik selanjutnya: Bagian #2 – ClickBank Marketplace
Inilah rangkaian 5 artikel seri “Finding Hot Niche Market” yang saya anjurkan untuk dibaca secara lengkap:
Bagian #1 – Go Where the Money Is (Finding Hot Niches)
Bagian #2 – ClickBank Marketplace (Finding Hot Products)
Bagian #3 – Niche Market Assessment
Bagian #3 – Niche Market Assessment
Bagian #4 – Competition Assessment Part 1
Bagian #5 – Competition Assessment Part 2
Bagian #5 – Competition Assessment Part 2