Wednesday, April 25, 2012

HOT NICHE MARKETS

Apa Hot Niche Markets itu?

Hot niche markets adalah sasaran utama dalam kegiatan niche marketing bila kita ingin mendapatkan income yang pasti dan cepat. Oleh karenanya, menemukan hot niche markets ini menjadi satu titik tolak paling menentukan keberhasilan bisnis anda.

Market research menjadi salah satu langkah paling penting untuk menemukan hot niche markets ini sebelum kita membangun sebuah website yang diharapkan menghasilkan uang dan memberikan keuntungan secara terus menerus.

Bayangkan saja, seandainya karena ketidak-tahuan seseorang tentang proses pencarian hot niche markets, ia menggarap sebuah pasar yang “kering” dan “miskin” sehingga segala jerih payahnya untuk membangun sebuah website serta usaha keras untuk mendatangkan traffic ke situsnya akan sia-sia belaka.

Dalam kebanyakan kasus seperti itu, langkah-langkah untuk membangun sebuah website yang menghasilkan income stream yang mantap dan berkelanjutan dari internet telah terbukti merupakan sebuah perjalanan yang berat.

Lain halnya bila anda berhasil memilih sebuah pasar yang bagus (saya menggunakan istilah Hot Niche Markets untuk pasar-pasar yang bagus itu), maka semuanya menjadi lain. Traffic, leads dan sales akan didapat dengan mudah dan relatif cepat.

Belajar dari pengalaman para internet marketers sukses, maka metoda market research dapat dipilah menjadi
Formula 3-Langkah yang sangat spesifik guna menemukan hot niche markets. Formula ini telah terbukti berhasil menjaring, boleh dibilang ribuan, niche markets yang menguntungkan

Di bawah ini adalah Formula Tiga-Langkah tersebut yang akan kita bahas satu demi satu secara terperinci dalam artikel artikel lain yang merupakan bagian dari seri Finding Hot Niche Markets:

Berikut adalah outline dari 3 langkah tersebut:

Langkah 1: “Go where the money is”, artinya, kita harus menemukan niche market yang mempunyai barang atau jasa sudah terbukti terjual dengan baik alias laku atau laris secara online.
Nanti akan kita bahas di mana kita mencari suatu niche dengan barang yang laku, atau dengan perkataan lain, di niche market yang mana orang banyak membelanjakan uangnya.
Saya akan menjelaskan secara rinci bagaimana kita melakukan ini di Clickbank Marketplace dengan membahasnys secara khusus dalam artikel tersendiri

Langkah 2: “Niche Market Assessment”, artinya, kita kudu meriset volume pencarian organik bulanan untuk topik atau barang dalam niche market tersebut.
Setelah menemukan niche market yang perputaran uangnya cepat, kita akan selidiki banyaknya permintaan di niche tersebut.
Saya akan menunjukkan bagaimana menggunakan Google Adwords Keyword Tool untuk melihat angka-angka besarnya pencarian sebuah topik dan bagaimana menilai hasilnya.  

Langkah 3:  “Competiton Assessment”, artinya, kita kudu meriset jumlah halaman web dari pesaing kita di Search Engines untuk dapat membidik posisi tertinggi dalam urutan pencarian organik.

Jadi, selain sisi permintaan (demand), kita juga akan melihat sisi pasokan (supply) yang mencerminkan tingkat persaingan dalam sebuah niche market. Saya akan menunjukkan bagaimana memanfaatkan Google Search untuk keperluan ini.

Mari kita mulai membahas langkah-langkah tersebut satu per satu secara rinci. Kita akan segera tahu mengapa ketiga langkah tersebut begitu sangat penting, juga bagaimana melaksanakan tiap langkah dengan benar serta bagaimana ketiga langkah tersebut mutlak saling mengisi untuk membentuk penilaian akhir tentang niche market tersebut.

Inilah rangkaian 5 artikel seri “Finding Hot Niche Market” yang saya anjurkan untuk dibaca secara lengkap: