Analysis: Melakukan Keyword Research and Analysis
Langkah kedua, masih
dalam rangka market research adalah melakukan analisa atas ide-ide yang sudah kita
dapat untuk disaring lebih dalam. Ide-ide atau topik anda bisa diungkapkan
dalam satu kata atau beberapa kata yang disebut dengan keyword dan phrase.
Keyword atau phrases
inilah yang diuji apakah cukup banyak peminatnya sehingga layak untuk dilayani
dan mendatangkan income buat anda. Oleh karenanya riset ini dikenal dengan keyword
research and analysis. Tujuannya hanya satu, yaitu untuk mendapatkan suatu
topik atau niche market yang benar-benar bisa mendatangkan keuntungan bagi kita.
Seringkali kita mengira
bahwa sebuah ide bakal bagus. Namun setelah kita melakukan keyword research and
analysis atas profitabilitasnya, maka ternyata banyak ide yang menjadi tidak
layak untuk dikembangkan dan harus kita drop.
Oleh karena itu keyword
research and analysis untuk sebuah ide ini sangatlah penting. Riset dan analisa
yang cermat dan seksama bisa menghemat tenaga, waktu, pikiran dan biaya yang
dikeluarkan untuk mendhasilkan sukses dengan cepat
Kalau dilakukan secara
asal-asalan dan tergesa-gesa, maka ujung-ujungnya adalah kegagalan untuk
mendapatkan income dan sia-sialah jerih payah untuk mengembangkan ide tersebut.
Kasihan amat ya? Jadi, sekali lagi, lakukan keyword research and analysis
dengan seksama sampai anda benar-benar yakin bahwa ide anda bisa jadi uang!
Lantas apa yang harus
kita lakukan dalam langkah ini? Berikut ini ada dua macam keyword research and
analysis yang harus anda lakukan secara benar bila anda ingin berhasil yaitu
Customer Market Demand Analysis dan Market Competition Analysis.
Customer Market Demand Analysis
Dalam bagian kegiatan
ini kita ingin melihat sisi permintaan konsumen dalam niche market yang kita
bidik dengan keyword(s) yang kita peroleh dalam langkah #1. Apakah kiranyan
cukup banyak orang yang berminat akan keyword yang akan kita pakai, sehingga
memaksimalkan peluang orang-orang itu mengunjungi dan berbelanja di website
kita nanti.
Di internet banyak
tersedia tools untuk melakukan keyword research and analysis. Namun untuk
keperluan melihat customer demand saya menggunakan cukup satu tool untuk menganalisa
sebuah keyword atau phrase yaitu Google
AdWords Keyword Tool External seperti figur di bawah ini:
Sebetulnya, di internet
ada banyak Keyword Tools yang tersedia untuk melihat permintaan pasar, gratis
maupun berbayar. Coba saja kunjungi situs-situs itu, mungkin anda ingin
mempertimbangkan untuk memanfaatkan salah satu situs ini:
- WordTracker – www.wordtracker.com
- NicheBot – www.nichebot.com
- Digital Point Keyword Suggestion Tool –
http://www.digitalpoint.com/tools/suggestion/
- Keyword Discovery – http://www.keyworddiscovery.com
- Free Keyword ResearchTool –
http://www.apogee-webconsulting.com/tools/keywordtool.php
- NicheBot – www.nichebot.com
- Digital Point Keyword Suggestion Tool –
http://www.digitalpoint.com/tools/suggestion/
- Keyword Discovery – http://www.keyworddiscovery.com
- Free Keyword ResearchTool –
http://www.apogee-webconsulting.com/tools/keywordtool.php
Selain itu masih ada tools yang lain yang bisa anda
dapat dari daftar Keyword Research Tool di situs SEO company di http://www.seocompany.ca/tool/seo-tools.html
Market Competition Analysis
Keyword ini juga harus
diuji sisi pasokannya dengan melihat ketatnya persaingan yang harus kita hadapi
alias berapa banyak halaman situs (webpages) yang menyediakan informasi atau
penawaran produk atau jasa sesuai keyword kita. Untuk itu kita menggunakan Google Search. Di bawah ini adalah
contoh hasil pencarian Google Search (Google Search Results)
Caranya sangat
sederhana; masuk ke www.google.com
lalu ketik keyword atau phrase anda, dan munculah hasil pencarian berupa halaman-halaman
web yang berisi daftar halaman situs yang menyediakan informasi yang sama
berdasarkan keyword anda.
Di atas adalah contoh
hasil pencarian Google Search (Google Search Results) untuk keyword “bbq
ireland” di mana jumlah halaman web yang menyediakan informasi mengenai “bbq
ireland” ada 2.650.000 halaman web.
Bisa jadi ide anda telah
didahului oleh ribuan, bahkan belasan atau puluhan juta halaman situs lain. Ini
berarti persaingan sangat ketat di mana sangat kecil kemungkinannya anda bisa
sukses meraup uang di pasar ini. (namanya bukan niche market lagi)
Oleh karena itu, sangat
di anjurkan untuk mencari pasar yang kecil, ceruk pasar atau niche market di
mana persaingan tidak begitu ketat, cukup profitable dan anda punya peluang
untuk menduduki top ranking di pasar kecil ini. Cara melakukan keyword research
and analysis untuk menemukan hot niche markets ada di menu NICHES (Finding Hot Niche Markets, yang terdiri
dari 4 artikel, silahkan baca).
Bila anda telah menemukan
satu niche market, maka lakukan analisa atas pesaing anda, terutama yang
bercokol di top-10 ranking. Pelajari mereka dan putar otak anda agar anda bisa
mengalahkan mereka dan menduduki posisi puncak.
Langkah-langkah lebih
terinci mengenai keyword research and analysis dapat anda baca di 2 artikel
berikut:
- Assess Your Customer Market Demand
- Assess Your Competition
Reminder:
6 Langkah dalam Niche Marketing Business Cycle:
Langkah # 1 – Idea
Langkah # 2 – Analysis
Langkah # 3 – Action
Langkah # 4 – Promotion
Langkah # 5 – Customer Retention
Langkah # 6 – Duplication