Saturday, August 26, 2017

SIKLUS BISNIS NICHE MARKETING – LANGKAH #2

Analysis: Melakukan Keyword Research and Analysis



Langkah kedua, masih dalam rangka market research adalah melakukan analisa atas ide-ide yang sudah kita dapat untuk disaring lebih dalam. Ide-ide atau topik anda bisa diungkapkan dalam satu kata atau beberapa kata yang disebut dengan keyword dan phrase.

Keyword atau phrases inilah yang diuji apakah cukup banyak peminatnya sehingga layak untuk dilayani dan mendatangkan income buat anda. Oleh karenanya riset ini dikenal dengan keyword research and analysis. Tujuannya hanya satu, yaitu untuk mendapatkan suatu topik atau niche market yang benar-benar bisa mendatangkan keuntungan bagi kita.

Seringkali kita mengira bahwa sebuah ide bakal bagus. Namun setelah kita melakukan keyword research and analysis atas profitabilitasnya, maka ternyata banyak ide yang menjadi tidak layak untuk dikembangkan dan harus kita drop.

Oleh karena itu keyword research and analysis untuk sebuah ide ini sangatlah penting. Riset dan analisa yang cermat dan seksama bisa menghemat tenaga, waktu, pikiran dan biaya yang dikeluarkan untuk mendhasilkan sukses dengan cepat

Kalau dilakukan secara asal-asalan dan tergesa-gesa, maka ujung-ujungnya adalah kegagalan untuk mendapatkan income dan sia-sialah jerih payah untuk mengembangkan ide tersebut. Kasihan amat ya? Jadi, sekali lagi, lakukan keyword research and analysis dengan seksama sampai anda benar-benar yakin bahwa ide anda bisa jadi uang!

Lantas apa yang harus kita lakukan dalam langkah ini? Berikut ini ada dua macam keyword research and analysis yang harus anda lakukan secara benar bila anda ingin berhasil yaitu Customer Market Demand Analysis dan Market Competition Analysis.

Customer Market Demand Analysis

Dalam bagian kegiatan ini kita ingin melihat sisi permintaan konsumen dalam niche market yang kita bidik dengan keyword(s) yang kita peroleh dalam langkah #1. Apakah kiranyan cukup banyak orang yang berminat akan keyword yang akan kita pakai, sehingga memaksimalkan peluang orang-orang itu mengunjungi dan berbelanja di website kita nanti.

Di internet banyak tersedia tools untuk melakukan keyword research and analysis. Namun untuk keperluan melihat customer demand saya menggunakan cukup satu tool untuk menganalisa sebuah keyword atau phrase yaitu Google AdWords Keyword Tool External seperti figur di bawah ini:


Sebetulnya, di internet ada banyak Keyword Tools yang tersedia untuk melihat permintaan pasar, gratis maupun berbayar. Coba saja kunjungi situs-situs itu, mungkin anda ingin mempertimbangkan untuk memanfaatkan salah satu situs ini:

- WordTracker – www.wordtracker.com
- NicheBot – www.nichebot.com
- Digital Point Keyword Suggestion Tool –
http://www.digitalpoint.com/tools/suggestion/
- Keyword Discovery – http://www.keyworddiscovery.com
- Free Keyword ResearchTool –
http://www.apogee-webconsulting.com/tools/keywordtool.php

Selain itu masih ada tools yang lain yang bisa anda dapat dari daftar Keyword Research Tool di situs SEO company di http://www.seocompany.ca/tool/seo-tools.html

Market Competition Analysis

Keyword ini juga harus diuji sisi pasokannya dengan melihat ketatnya persaingan yang harus kita hadapi alias berapa banyak halaman situs (webpages) yang menyediakan informasi atau penawaran produk atau jasa sesuai keyword kita. Untuk itu kita menggunakan Google Search. Di bawah ini adalah contoh hasil pencarian Google Search (Google Search Results)


Caranya sangat sederhana; masuk ke www.google.com lalu ketik keyword atau phrase anda, dan munculah hasil pencarian berupa halaman-halaman web yang berisi daftar halaman situs yang menyediakan informasi yang sama berdasarkan keyword anda.

Di atas adalah contoh hasil pencarian Google Search (Google Search Results) untuk keyword “bbq ireland” di mana jumlah halaman web yang menyediakan informasi mengenai “bbq ireland” ada 2.650.000 halaman web.

Bisa jadi ide anda telah didahului oleh ribuan, bahkan belasan atau puluhan juta halaman situs lain. Ini berarti persaingan sangat ketat di mana sangat kecil kemungkinannya anda bisa sukses meraup uang di pasar ini. (namanya bukan niche market lagi)

Oleh karena itu, sangat di anjurkan untuk mencari pasar yang kecil, ceruk pasar atau niche market di mana persaingan tidak begitu ketat, cukup profitable dan anda punya peluang untuk menduduki top ranking di pasar kecil ini. Cara melakukan keyword research and analysis untuk menemukan hot niche markets ada di menu NICHES (Finding Hot Niche Markets, yang terdiri dari 4 artikel, silahkan baca).

Bila anda telah menemukan satu niche market, maka lakukan analisa atas pesaing anda, terutama yang bercokol di top-10 ranking. Pelajari mereka dan putar otak anda agar anda bisa mengalahkan mereka dan menduduki posisi puncak.

Langkah-langkah lebih terinci mengenai keyword research and analysis dapat anda baca di 2 artikel berikut:
  1. Assess Your Customer Market Demand
  2. Assess Your Competition

Reminder:

6 Langkah dalam Niche Marketing Business Cycle:

Langkah # 1 – Idea
Langkah # 2 – Analysis
Langkah # 3 – Action
Langkah # 4 – Promotion
Langkah # 5 – Customer Retention
Langkah # 6 – Duplication