Business Duplication
Business duplication
merupakan langkah terakhir dari niche marketing business cycle dan sekaligus
sebagai langkah perantara ke sebuah siklus baru yang diterapkan pada niche
market yang baru pula.
Sepertinya proses business
duplication ini akan sangat mudah. Namun kenyataanya tidak seperti itu. Kalau
kita ingin mengulang sebuah proses yang telah sukses dengan hasil yang nyata
berupa sebuah website yang mendatangkan income stream yang mantap dan terus
menerus berkelanjutan kita harus tahu persis apa yang telah kita lakukan selama
proses itu. Kita mesti tahu persis apa yang sudah benar kita lakukan dan
mengingat kesalahan-kesalahan yang tidak boleh kita ulang kembali.
Banyak orang yang lupa
untuk mencatat segala sesuatunya sebagai referensi untuk melakukan business
duplication di masa mendatang. Padahal membuat catatan sangat berguna sebagai
pengingat bila kita lupa melakukan langkah atau sebuah prosedur detail atau
yang sifatnya teknis. Terlebih lagi jika melakukan proses yang panjang seperti
market reseach untuk mencari hot niche market, kemungkinan untuk lupa akan
lebih besar.
Berikut ini ada beberapa
tips yang bermanfaat untuk membuat proses business duplication mudah dan
lancar.
#1 - SELALU FOKUS pada HANYA SATU proyek niche market
Ini merupakan strategi
keberhasilan bisnis yang paling penting!. Hindari untuk menggarap beberapa
proyek niche market sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Saya menggaransi anda
akan 100% gagal bila anda melakukannya, karena saya telah membuktikannya
sendiri.
Keinginan untuk
menggarap beberapa niche timbul saat anda menemukan berbagai ide menarik dalam
Idea Searching. Banyaknya ide yang anda peroleh akan memancing anda untuk
menggarapnya berbarengan. Jangan sampai kita terburu nafsu dan ingin
cepat-cepat mendapat hasil yang besar dalam waktu singkat.
Tanamkan dalam benak
anda bahwa anda harus terlebih dahulu menemukan jalur sukses yang benar dengan
fokus pada hanya satu proyek niche market. Ini saya tekankan karena proses trial and error (walaupun kita ada
pembimbing) yang kita jalani tidak selamanya mulus dan sekali jalan. Kita
sering dihadapkan pada hambatan yang mengharuskan kita meluangkan waktu lebih
banyak untuk mencari solusinya atau mengulang prosesnya dari awal.
Hanya ada satu strategi
untuk mempercepat keberhasilan yaitu dengan SELALU FOKUS pada HANYA SATU proyek
sampai anda berhasil menemukan jalur sukses anda dengan jelas yang kemudian
dijadikan Blue Print untuk sukses anda berikutnya. Melakukan business
duplication menggunakan blue print yang telah terbukti sukses akan jauh lebih
cepat mendatangkan income yang besar secara berulang-ulang.
#2 - Mengelola folders dan file di komputer anda
Kumpulkan folder dan
files yang benar-benar sering digunakan selama proses business dan kelolalah
agar mudah mengaksesnya. Pengelolaan folder dan files hendaknya dimulai sejak
awal. Ini termasuk program atau software yang membantu kelancaran dan kelengkapan
proses melakukan business duplication nantinya.
Satu saran saya adalah
membuat satu folder proyek dengan nama situs anda (asumsinya anda sudah
mempunyai nama domain) di Desktop > My Documents > Nama Domain, lalu buat
folder-folder baru di dalamnya dengan judul kelompok sesuai keperluan,
misalnya: Domain, Hosting, Articles, Keyword Research, Products,
Mini-Course/Newsletter, Sales Letter, Images, Video dan sebagainya. Anda bisa
membuat folder proyek berikutnya dengan kelompok files yang sama.
Bookmark situs-situs
yang menjadi pendukung proyek anda, misalnya saja Google Adword Keyword Tool,
Namecheap.com (Domain name), Hostgator (cPanel Hosting), Clickbank.com (digital
product), Amazon (physical product), Aweber (autoresponder), Traffic Generating,
Onlywire.com (social media auto-submission), Wordpress login dan berbagai situs
lain yang anda butuhkan demi kelancaran business duplication anda.
Pastikan anda membuat
shortcuts di layar desktop anda ke program dan software pendukun utama proyek
niche market anda. Ini akan memudahkan akses ke program dan software saat
dibutuhkan.
#3 - Membuat rencana kerja dengan tenggat waktu
Sudah sangat lumrah
dalam dunia bisnis untuk menetapkan sebuah rencana kerja. Setiap langkah dalam
niche marketing business cycles yang telah dibahas dalam tulisan-tulisan
sebelumnya bisa dibuatkan rencana kerja dan tenggat waktunya. Bahkan anda bisa membuat
rencana kerja dan tenggat waktunya untuk sub-langkah dari langkah utama dalam
business cycle.
Contoh: rencana kerja untuk
langkah Idea Searching dalam business cycle:
Kegiatan Tenggat waktu Tanggal Selesai
Beli & baca majalah 1 hari 14
Sep 2011
Browsing Clickbank 1 hari 15 Sep 2011
Browsing Amazon 1 hari 16 Sep 2011
Browsing YouTube 1 hari 17 Sep 2011
Tenggat waktu itu anda
sendiri yang menentukan berdasarkan situasi dan kondisi anda. Kalau anda lebih
suka santai, tenggat waktu bisa lebih longgar dan sebaliknya, bila anda
bersedia bekerja lebih keras dan ingin segera berhasil, tenggat waktu bisa lebih
singkat.
Agar rencana kerja dan
catatan-catatan anda tidak tercecer, buatlah semuanya dalam sebuah log-book
sehingga semua informasi tertulis ada dalam satu tempat dan memudahkan anda
melihat-lihat apa yang telah dan belum anda kerjakan.
Bila anda mengikuti Niche Profit Classroom tenggat waktu telah ditetapkan
dengan jelas sampai anda berhasil membangun niche business dan menghasilkan
uang. Tentu saja dengan asumsi apa yang di-instruksikan telah anda ikuti dengan
benar.
Itulah tiga hal yang
perlu anda perhatikan untuk bisa melakukan business duplication dengan sukses.
Dengan semakin sering anda melakukan business duplication, makin bertambah
website sukses yang berhasil anda bangun. Makin sering anda melakukan business
duplication membuat anda semakin piawai dalam berbisnis di internet, sehingga
nanti tiba saatnya anda perlu bantuan orang lain untuk terlibat dalam membangun
multiple business.
Kini kita telah memiliki
gambaran lengkap mengenai keseluruhan proses bisnis sebagai modal untuk mulai
berbisnis di internet. Sebagai pengingat niche marketing business cycle: Idea
searching à
Market research à
Website building à
Traffic Building à
Customer retention à
Business duplication à
kembali ke Idea searching dst.
Reminder:
6 Langkah dalam Niche Marketing Business Cycle:
Langkah # 1 – Idea
Langkah # 2 – Analysis
Langkah # 3 – Action
Langkah # 4 – Promotion
Langkah # 5 – Customer Retention
Langkah # 6 – Duplication