Wednesday, August 30, 2017

SIKLUS BISNIS NICHE MARKETING – LANGKAH #6

Business Duplication


Business duplication merupakan langkah terakhir dari niche marketing business cycle dan sekaligus sebagai langkah perantara ke sebuah siklus baru yang diterapkan pada niche market yang baru pula.

Sepertinya proses business duplication ini akan sangat mudah. Namun kenyataanya tidak seperti itu. Kalau kita ingin mengulang sebuah proses yang telah sukses dengan hasil yang nyata berupa sebuah website yang mendatangkan income stream yang mantap dan terus menerus berkelanjutan kita harus tahu persis apa yang telah kita lakukan selama proses itu. Kita mesti tahu persis apa yang sudah benar kita lakukan dan mengingat kesalahan-kesalahan yang tidak boleh kita ulang kembali.

Banyak orang yang lupa untuk mencatat segala sesuatunya sebagai referensi untuk melakukan business duplication di masa mendatang. Padahal membuat catatan sangat berguna sebagai pengingat bila kita lupa melakukan langkah atau sebuah prosedur detail atau yang sifatnya teknis. Terlebih lagi jika melakukan proses yang panjang seperti market reseach untuk mencari hot niche market, kemungkinan untuk lupa akan lebih besar.

Berikut ini ada beberapa tips yang bermanfaat untuk membuat proses business duplication mudah dan lancar.

#1 - SELALU FOKUS pada HANYA SATU proyek niche market

Ini merupakan strategi keberhasilan bisnis yang paling penting!. Hindari untuk menggarap beberapa proyek niche market sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Saya menggaransi anda akan 100% gagal bila anda melakukannya, karena saya telah membuktikannya sendiri.

Keinginan untuk menggarap beberapa niche timbul saat anda menemukan berbagai ide menarik dalam Idea Searching. Banyaknya ide yang anda peroleh akan memancing anda untuk menggarapnya berbarengan. Jangan sampai kita terburu nafsu dan ingin cepat-cepat mendapat hasil yang besar dalam waktu singkat.

Tanamkan dalam benak anda bahwa anda harus terlebih dahulu menemukan jalur sukses yang benar dengan fokus pada hanya satu proyek niche market. Ini saya tekankan karena proses trial and error (walaupun kita ada pembimbing) yang kita jalani tidak selamanya mulus dan sekali jalan. Kita sering dihadapkan pada hambatan yang mengharuskan kita meluangkan waktu lebih banyak untuk mencari solusinya atau mengulang prosesnya dari awal.

Hanya ada satu strategi untuk mempercepat keberhasilan yaitu dengan SELALU FOKUS pada HANYA SATU proyek sampai anda berhasil menemukan jalur sukses anda dengan jelas yang kemudian dijadikan Blue Print untuk sukses anda berikutnya. Melakukan business duplication menggunakan blue print yang telah terbukti sukses akan jauh lebih cepat mendatangkan income yang besar secara berulang-ulang.

#2 - Mengelola folders dan file di komputer anda

Kumpulkan folder dan files yang benar-benar sering digunakan selama proses business dan kelolalah agar mudah mengaksesnya. Pengelolaan folder dan files hendaknya dimulai sejak awal. Ini termasuk program atau software yang membantu kelancaran dan kelengkapan proses melakukan business duplication nantinya.

Satu saran saya adalah membuat satu folder proyek dengan nama situs anda (asumsinya anda sudah mempunyai nama domain) di Desktop > My Documents > Nama Domain, lalu buat folder-folder baru di dalamnya dengan judul kelompok sesuai keperluan, misalnya: Domain, Hosting, Articles, Keyword Research, Products, Mini-Course/Newsletter, Sales Letter, Images, Video dan sebagainya. Anda bisa membuat folder proyek berikutnya dengan kelompok files yang sama.

Bookmark situs-situs yang menjadi pendukung proyek anda, misalnya saja Google Adword Keyword Tool, Namecheap.com (Domain name), Hostgator (cPanel Hosting), Clickbank.com (digital product), Amazon (physical product), Aweber (autoresponder), Traffic Generating, Onlywire.com (social media auto-submission), Wordpress login dan berbagai situs lain yang anda butuhkan demi kelancaran business duplication anda.

Pastikan anda membuat shortcuts di layar desktop anda ke program dan software pendukun utama proyek niche market anda. Ini akan memudahkan akses ke program dan software saat dibutuhkan.   

#3 - Membuat rencana kerja dengan tenggat waktu

Sudah sangat lumrah dalam dunia bisnis untuk menetapkan sebuah rencana kerja. Setiap langkah dalam niche marketing business cycles yang telah dibahas dalam tulisan-tulisan sebelumnya bisa dibuatkan rencana kerja dan tenggat waktunya. Bahkan anda bisa membuat rencana kerja dan tenggat waktunya untuk sub-langkah dari langkah utama dalam business cycle.

Contoh: rencana kerja untuk langkah Idea Searching dalam business cycle:

Kegiatan                          Tenggat waktu                Tanggal Selesai

Beli & baca majalah         1 hari                              14 Sep 2011
Browsing Clickbank         1 hari                              15 Sep 2011
Browsing Amazon           1 hari                              16 Sep 2011
Browsing YouTube         1 hari                              17 Sep 2011                           

Tenggat waktu itu anda sendiri yang menentukan berdasarkan situasi dan kondisi anda. Kalau anda lebih suka santai, tenggat waktu bisa lebih longgar dan sebaliknya, bila anda bersedia bekerja lebih keras dan ingin segera berhasil, tenggat waktu bisa lebih singkat.

Agar rencana kerja dan catatan-catatan anda tidak tercecer, buatlah semuanya dalam sebuah log-book sehingga semua informasi tertulis ada dalam satu tempat dan memudahkan anda melihat-lihat apa yang telah dan belum anda kerjakan.

Bila anda mengikuti Niche Profit Classroom tenggat waktu telah ditetapkan dengan jelas sampai anda berhasil membangun niche business dan menghasilkan uang. Tentu saja dengan asumsi apa yang di-instruksikan telah anda ikuti dengan benar.

Itulah tiga hal yang perlu anda perhatikan untuk bisa melakukan business duplication dengan sukses. Dengan semakin sering anda melakukan business duplication, makin bertambah website sukses yang berhasil anda bangun. Makin sering anda melakukan business duplication membuat anda semakin piawai dalam berbisnis di internet, sehingga nanti tiba saatnya anda perlu bantuan orang lain untuk terlibat dalam membangun multiple business.

Kini kita telah memiliki gambaran lengkap mengenai keseluruhan proses bisnis sebagai modal untuk mulai berbisnis di internet. Sebagai pengingat niche marketing business cycle: Idea searching à Market research à Website building à Traffic Building à Customer retention à Business duplication à kembali ke Idea searching dst. 


Reminder:

6 Langkah dalam Niche Marketing Business Cycle:

Langkah # 1 – Idea
Langkah # 2 – Analysis
Langkah # 3 – Action
Langkah # 4 – Promotion
Langkah # 5 – Customer Retention
Langkah # 6 – Duplication