Saturday, May 26, 2012

TESTIMONIALS CREATION

Testimonials Creation Tips

Testimonials creation merupakan tugas seorang webmaster untuk menggalang social proof yang kuat bagi sebuah produk. Testimoni merupakan pernyataan yang bersifat positif dari pengguna produk yang kita jual. Testimonials creation merupakan elemen pendukung sebuah website.

Sebenarnya sebagai seorang affiliate marketer kita belum perlu menggalang testimoni atau social proof, karena testimonials creation ini menjadi tugas vendor. Namun bila anda memang seorang vendor yang memiliki produk sendiri, maka ini termasuk tugas yang perlu anda lakukan.

Sebuah website tidak mutlak memerlukan testimonials, namun keberadaannya bisa membantu meyakinkan calon pembeli bahwa klaim tentang benefits produk anda memang terbukti nyata. Dengan perkataan lain testimonials creation adalah sebuah usaha untuk membangun kredibilitas produk anda.

Karena testimonials creation bertujuan membangun kredibilitas produk, maka testimoni tidak boleh dibuat asal-asalan alias berupa karangan belaka dan harus mengikuti undang-undang atau peraturan tentang testimonials creation ini. Di USA misalnya, untuk melindungi konsumen Amerika, Federal Trade Commision (FTC) mengeluarkan panduan tentang testominials creation ini. Sebaiknya anda membaca panduan ini.

Selain testimonials creation yang tidak boleh dikarang-karang, maka testimonials harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  • Testimonials harus memiliki rekaman baik tertulis, atau audio maupun video dari si pembuat pernyataan
  • Pernyataan yang bersifat statistik harus bisa dibuktikan dengan angka-angka dari sumber terpercaya
  • Pernyataan yang bersifat finasial maupun statistik harus menggambarkan keadaan yang berlaku umum dan bukan perkecualian

Ini artinya bila seseorang menyatakan ia berhasil mendapatkan penghasilan $ 1.000 dalam 1 minggu dengan menggunakan produk anda, atau ia menyatakan bahwa produk anda berhasil menuntaskan masalah yang dihadapinya, maka pernyataan itu bisa dijadikan testimoni hanya bila itu merupakan indikasi dari hasil rata-rata semua orang yang pernah menggunakan produk anda. 

Jadi, berhati-hatilah dengan statistik atau klaim yang bersifat spesifik yang bisa jadi tidak berlaku bagi semua orang yang menggunakan produk anda. Bila sebagian besar orang tidak mendapatkan hasil yang sama, maka testimoni itu jangan digunakan. Bila anda tetap ingin menggunakannya maka sebaiknya anda siap dengan data-data pendukung.

Testimonials creation sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan. Anda cukup menggunakan kejujuran maka testimoni itu akan dengan mudah dibuat dan dapat dipertanggung-jawabkan. Bahkan tanpa aturan atau undang-undang sekalipun, bila anda jujur dan tidak menggunakan kebohongan testimonials creation akan beres. Nah, bagaimana cara melakukan testimonials creation?

Ini ada 5 Tips anda bisa melakukannya:

Testimonials creation tip #1 – Melakukan promosi pre-launch sebagai barter untuk mendapat sebuah testimoni.

Umumkan bahwa anda memberikan produk anda secara gratis untuk satu waktu tertentu dengan meminta mereka yang menerima produk anda memberikan pendapat atau pernyataan positif tentang produk tersebut.

Pengumuman ini bisa dilakukan menggunakan artikel, video atau social media lainnya. Sepintas anda kelihatannya seperti merugi karena memberikan produk anda secara cuma-cuma, namun anggaplah ini sebuah investasi untuk keuntungan yang lebih besar. Pikirkan penjualan yang akan terjadi di masa yang mendatang karena adanya testimoni yang anda terima selama promosi pre-launch ini.

Agar promosi pre-lainch ini berhasil:
·         Batasi jumlah orang yang akan mendapat produk, ebook ataupun report secara gratis.
·         Tambahkan batas waktu berlakunya promosi ini, misalnya lima hari, satu atau dua minggu yang tergantung dari waktu yang anda perlukan untuk menggalang testimoninya
·         Umumkan promosi ini dalam forum-forum yang berkaitan dengan niche topic atau tema. Penyebaran berita di sini bisa juga menjadi modal untuk menghasilkan penjualan di kemudian hari.

Testimonials creation tip #2 – Temui orang yang memiliki produk mirip dengan produk anda yang juga membutuhkan social proof dan membuat kesepakatan untuk saling melakukan penilaian atas produk masing-masing.

Produk orang ini harus berada dalam niche market yang sama, tapi bukan merupakan pesaing langsung dari produk atau website anda. Ini merupakan posisi win-win untuk masing-masing pihak dan perlu segera dilaksanakan.

Lakukan ini dengan tiga atau empat orang yang berada dalam satu niche market dan anda akan segera dapat menggalang social proof yang kuat bagi produk anda. Hal ini disebabkan karena orang menduga bahwa testimoni dari orang yang berada dalam satu niche market pasti merupakan produk yang bagus dan istimewa.

Testimonials creation tip #3 – Meminta anggota keluarga atau teman menulis sebuah review bagi produk anda

Cara ini seperti pedang bermata dua, dan bukan merupakan pilihan favorit saya untuk menggalang testimoni. Tentu saja keluarga dan teman-teman selalu ingin membantu, namun meminta mereka untuk menuils sebuah review bisa sangat bias. Mereka akan merasa berkewajiban untuk memberikan testimoni atau pendapat yang bagus-bagus, walaupun sejujurnya mereka tidak yakin bahwa produk anda bagus.

Ada satu cara yang bagus untuk mendapatkan review yang tidak bias dari mereka. Katakanlah, “bila anda menyukai produk saya, tolong buatkanlah sebuah review atau komentar tentang produk ini. Namun bila anda tidak menyukainya, anda tidak perlu melakukan apa-apa”. Ini merupakan satu jalan keluar yang bagus karena tidak menciderai atau menyinggung perasaan siapapun.

Testimonials creation tip #4 – Membayar orang untuk membuat product reviews

Ini sebetulnya sama dengan tip #1, namun imbalan yang diperoleh berbentuk uang bukan produk gratis. Cara testimonials creation seperti ini dapat dilakukan kapan saja sebelum atau setelah anda meluncurkan website atau produk anda di internet.

Tentukan dulu berapa besar imbalan yang akan anda berikan untuk membuat review. Mungkin $10 atau $20 per review. Lalu tentukan budget yang bisa anda sediakan, misalnya $100, sehingga secara matematis anda bisa mengumpulkan sekitar 5 – 10 product reviews.

Anda bisa memaksimalkan kegunaan $100 anda sebagai berikut:

·         Umumkan bahwa anda bersedia memberikan imbalan sebesar #10 - $20 untuk me-review produk anda. Namun beritahukan juga bahwa anda memiliki keterbatasan keuangan dan hanya sanggup menyediakan total $100,-, sehingga anda hanya bisa memberikan imbalan untuk 5 – 10 orang saja.
·         Akan ada lebih dari 5 – 10 orang yang akan mengirim review mereka, karena ada semacam urgensi dengan keterbatasan dana di atas. Dengan demikian anda bisa-bisa memperoleh 20 – 50 reviews hanya dengan $100, yang semuanya bisa anda gunakan, termasuk yang tidak anda bayar.
·         Dalam kenyataannya, anda jangan menggunakan 5 – 10 testimonials yang anda bayar! Karena bila anda menggunakan testimonials yang anda bayar, anda harus menyatakan bahwa testimonial itu dibayar (sesuai ketentuan FTC) dan orang tidak menganggap paid testimonials sebagai social proof. Gunakan testimonials yang TIDAK ANDA BAYAR.

Testimonials creation tip #5 – Gunakan kutipan orang-orang ternama, tokoh panutan atau berita terakhir tentang niche topic anda.

Tip terkahir ini merupakan salah satu testimonials creation favorit saya, dan juga bagi anda yang kurang sreg dengan 4 tips di atas. Cara ini bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja dan kapan saja tanpa biaya sepeserpun. Kunci dari tip ini adalah mengutip sebuah artikel dari majalah atau koran ternama, atau selebriti dan mengkaitkannya dengan produk ata website anda.

Harus diingat bahwa social proof dapat tercipta dalam berbagai bentuk, tidak hanya testimonials. Menggunakan tehnik terakhir ini menambah kredibilitas dan social proof sebelum anda menjual satu produkpun. Bila seseorang membaca kalimat-kalimat dalam website anda yang dikutip dari seorang selebriti atau sebuah berita yang lagi hot, mereka menjadi tertarik dan akan menganggap website anda, sales pages dan konten lainnya lebih berbobot dan kredibel.

Di bawah ini contoh testimonials yang disajikan dengan bagus sekali: