Monday, August 28, 2017

SIKLUS BISNIS NICHE MARKETING – LANGKAH #4

Website Promotion – Traffic Building


Website juga memerlukan promosi untuk menjadikannya dikenal dan didatangi banyak pengunjung yang mencari informasi atau produk yang ditawarkan. Istilahnya; membangun traffic atau traffic building atau traffic generating

Ada sedikitnya 9 kegiatan dalam melakukan traffic building. Dan inilah kesibukan anda sebagai seorang webmaster yang tergolong paling menentukan keberhasilan bisnis anda. Apalah artinya sebuah website dengan sedikit pengunjung atau bahkan tanpa pengunjung sama sekali.

Jika anda berhasil melakukan semua hal di bawah secara benar, maka bisa dipastikan situs anda menjadi terkenal dan mendatangkan uang. Ini tentu dengan syarat bahwa langkah 1 - 3 dari Niche Market Business Cycle telah anda lakukan dengan benar pula. Inilah kegiatan traffic building yang harus anda lakukan:

#1. Menulis artikel yang informatif, bermanfaat dan unik tentang suatu topik yang lagi tren dan hot! Tentunya haruslah artikel yang didasarkan pada perangkat keywords yang anda pakai dalam website anda.

Kiat traffic building yang satu ini dikenal juga dengan Article Marketing. Kita membuat serangkaian artikel dengan keyword yang mengarah pada halaman web tertentu kemudian kita serahkan ke article directories yakni situs-situs yang bisa mempublikasikannya.

Dalam artikel-artikel tersebut ada bagian yang disebut bio-box yang mangandung link ke situs kita, bisa home-page atau halaman web yang menawarkan produk affiliasi. Tulisan yang menarik atau lagi trend akan banyak di-baca orang di article directories yang akan menarik search engines dan menemukan link ke situs anda.

Ini bisa menempatkan halaman web anda dalam urutan atas hasil pencarian mereka dan akan memperbesar kemungkinan orang berkunjung ke situs atau halaman web anda. Begitulah kiranya konsep traffic building menggunakan article marketing  

Article directories tempat anda bisa menyerahkan artikel dan menjadi favorit saya antara lain di: www.ezinearticles.com, www.articlebase.com, www.articledasboard.com, www.articlerich.com

#2. Posting artikel, pertanyaan, jawaban dan komentar anda ke berbagai forum.

Forum juga merupakan satu tempat untuk melakukan traffic building dengan cara menjadi anggota forum tertentu sesuai tema situs anda lalu melakuikan posting artikel, pertanyaan, jawaban dan komentar anda. Pastikan anda meninggalkan nama anda dan link ke situs anda, setelah membaca aturan main dari forum tersebut. Ada forum yang tidak membolehkan anda meninggalkan link ke situs anda.

Dengan mem-posting artikel, anda berkesempatan bertemu dengan orang-orang yang mengesankan dan bisa menolong anda mengembangkan bisnis anda. Selain itu search engine bisa menengarai link ke situs anda melalui forum-forum ini. Mencari forumpun mudah dilakukan melalui search engine Google atau Yahoo.

#3. Menulis press release tentang situs web dan bisnis internet anda

Trik traffic building yang sederhana tapi perlu ialah mengumumkan keberadaan situs baru anda ke dunia internet dengan sebuah press release. Ada jasa yang bisa mengumumkan press release anda. Dengan membayar sedikit uang, maka keberadaan situs anda akan diketahui oleh banyak komunitas. Cobalah serahkan press release situs anda ke http://www.prweb.com  

#4. Menulis review produk atau web

Menulis sebuah review yang positif tentang satu produk yang anda gunakan atau sebuah situs yang anda kunjungi merupakan kiat traffic building yang banyak digunakan. Kirimkan ke webmaster bersangkutan dan jangan lupa untuk menyertakan nama anda dan link ke situs anda serta ijin untuk menggunakan review anda di situs mereka. Anda juga bisa menyerahkan review anda ke situs yang bisa mempublikasikan review anda, seperti http://www.e-book-reviews.net

Note: Review produk bisa merupakan salah satu sumber income online dengan cara menjadikannya bagian dari pesan newsletter anda atau mempostingnya di Squidoo. Mau tahu caranya? Baca: Menulis review produk.

#5. Menulis testimonial tentang suatu produk dan mirimkan ke webmasternya

Pernah melihat sebuah sales-letter menawarkan produk tertentu? Untuk meyakinkan calon pembeli si empunya produk biasanya ada mem-post beberapa testimonial dari para pengguna produk itu. Anda juga bisa demikian. Dan jangan lupa untuk selalu mencantumkan nama dan link ke situs anda. Biasanya orang ingin tahu, bagaimana rupa situs si pemberi testimonial. Dan, ini bagian dari traffic building anda.

#6. Buatlah situs web anda menjadi ‘search engine friendly’ alias melakukan searh engine optimization (SEO)

Tujuan utama cara traffic building yang satu ini adalah agar situs kita bisa menduduki urutan 10 teratas (top-10 ranking) dari hasil pencarian search engines, sehingga kita mendapat pengunjung secara gratis. Cara ini sudah dikenal dengan baik oleh para webmaster dan pastikan anda melakukukannya dengan benar. Kesalahan yang sering terjadi adalah bila webmaster terlalu fokus pada optimisasi search enginenya (SEO) dengan menebarkan terlalu banyak keywords dan fokus pada description tags.

Mereka menjadi lupa bahwa konten harus juga bermanfaat untuk pengunjung bukan hanya untuk search engine. Bila pengunjung tidak dipentingkan, maka yang anda peroleh adalah banyak traffic tapi tidak ada satupun yang membeli.

#7. Melakukan link building

Traffic building bisa kita lakukan melalui link building terutama back-links. Mengadakan pertukaran link antara situs anda dengan situs partner anda yang dianggap kompatible atau komplementer bisa meningkatkan traffic ke situs anda terutama kalau anda pandai memilih situs partner yang memilki page-rank yang tinggi.

Page-rank adalah penilaian searh engine atas sebuah situs berdasarkan traffic yang datang ke situs itu. Situs partner dengan page-rank yang tinggi akan mendongkrak penilaian search engine atas situs anda. Ada beberapa situs yang memberikan jasa untuk mengadakan linking. Di bawah ini beberapa tempat:


Sekarang kita bisa menebar link situs kita melalui social bookmarking sites dengan amat mudah. Kita bisa menyerahkan artikel, audio dan video (yang ada link ke situs kita ke berbagai situs social submission sites dalam waktu sekejab melalui submission site seperti www.onlywire.com.

Dengan adanya social networking sites seperti facebook dan twitter, traffic building kini menjadi tugas yang menyenangkan

#8. Membuat e-book atau laporan ringkas

Tulislah sebuah e-book dengan topik yang mencakup beberapa macam informasi, kiat, tips atau panduan yang berisi link ke situs anda. Membuat e-book akan meningkatkan kredibilitas anda, sekaligus membantu orang lain serta membangun e-mail list yang tertarget dan menciptakan lead ke situs anda.

#9. Men-submit e-book anda ke e-book directories

Selain mendistirbusikan e-book atau laporan singkat anda melalui situs anda sendiri, maka anda bisa memperbanyak eksposur produk anda itu melalui e-book directories seperti: http://www.freeebooks.net/ . http://www.ebookdirectory.com/

Lebih banyak dan mendalam mengenai traffic building di TRAFFIC GENERATING.

Reminder:


6 Langkah dalam Niche Marketing Business Cycle:

Langkah # 1 – Idea
Langkah # 2 – Analysis
Langkah # 3 – Action
Langkah # 4 – Promotion
Langkah # 5 – Customer Retention
Langkah # 6 – Duplication