Friday, May 25, 2012

WEBSITE CONTENT

Website Content, Bagian Terpenting Sebuah Website

Website content adalah artikel yang merupakan bagian terpenting dari sebuah website. Artikel dianggap sebagai “raja” di internet, seperti halnya konten. Website content yang bagus akan selalu menghasilkan traffic yang bagus dan sebaliknya, konten yang buruk samasekali tak akan membuahkan traffic apapun.

Istilah konten dan artikel seringkali kali digunakan bergantian karena keduanya sebetulnya sama. Bagian terbesar dari sebuah website adalah konten karena fungsi utamanya sebagai pemberi informasi kepada pengunjungnya. Ibarat sebuah majalah di mana ada berbagai artikel dan daftar isi atau menu. Kalau kita klik menunya maka yang akan muncul adalah halaman artikel.

Website content tergantung dari misi utamanya. Kita mengenal ada 4 misi yang bisa diemban oleh sebuah website: entertainment, informational, commercial dan social. Dan tentu konten dari masing-masing website akan berbeda.

Karena kita adalah pebisnis online, saya akan fokus untuk membahas website content yang mempunyai misi utama komersial. Dalam kenyataannya, website yang komersial tidak 100% komersial, tetapi juga mengandung konten yang bersifat menghibur, informatif dan sosial sehingga membentuk sebuah kombinasi yang berdaya tarik.

Website content komersial bisa dibagi menjadi 2 kelompok ditinjau dari pelaku bisnisnya:

  • Affiliate marketer atau pebisnis afiliasi yang menjual produk orang atau pihak lain harus menyajikan website content yang mengutamakan PRESELLING

  • Merchant atau affiliate merchant atau vendor, pemilik produk atau jasa harus menyajikan website content yang mengutamakan SELLING

Sebagai pebisnis online, baik sebagai affiliate marketer maupun sebagai vendor, kita harus betul-betul memahami bahwa strategi paling utama untuk menghasilkan uang tak lain adalah melalui penyajian konten atau Income Building Through Website Content”

Untuk melaksanakan strategi itu, maka salah satu modal pokok adalah kemampuan kita untuk menyajikan website content yang memiliki nilai. Bernilai untuk siapa? Hal ini akan saya jelaskan sebagai berikut.

Tentu anda pernah mendengar bahwa dalam kemitraan berbisnis di kenal istilah WIN-WIN PROPOSITION, suatu kedudukan kemitraan terbaik yang didasarkan pada kesetaraan dalam memperoleh keuntungan atau hasil, saling memberi manfaat, sama-sama untung dan sama-sama happy, begitu kira-kira.  

Ditinjau dari sudut seorang affiliate marketer, ada 4 pihak yang perlu kita perhitungkan agar konten kita dikatakan ‘memiliki nilai’ tersebut yaitu: pengunjung, search engine, merchant dan anda sendiri. Keempat pihak itu harus bersama-sama berada dalam posisi WIN. Mari kita tinjau posisi WIN masing-masing pihak.

#1 – PENGUNJUNG ANDA

Pengunjung adalah raja juga berlaku di dunia maya. Pengunjung harus bisa mendapatkan apa yang dicarinya, yaitu informasi yang original, jelas dan lengkap, tersaji dengan sistimatis dengan kata-kata dan kalimat yang enak dibaca atau bahasa yang enak didengar.

Singkatnya: sajikan informasi berkualitas yang menjadi jawaban dari kebutuhannya dan merupakan solusi untuk problemnya, sehingga pengunjung merasa puas. Jangan sampai pengunjung kembali ke search engine untuk mencari situs yang lain.

Bagi seorang affiliate marketer, website content harus bisa membuat para pengunjungnya berada dalam kondisiready to buy’ untuk kemudian meng-klik link ke situs merchant dan melakukan pembelian.

#2 – SEARCH ENGINES      

Search engines pada dasarnya adalah juga pelaku bisnis online. Produk mereka adalah hasil pencarian yang berkualitas yang dipersembahkan kepada pencari yang datang ke situs mereka. Dan mereka akan menyenangi anda bila website anda membantu mereka untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian mereka.

Kerja situs search engine menggunakan semacam Spider (sebuah program) yang memasukkan dan mengeluarkan website anda kedalam database si search engine. Bila ada seorang pencari mencari misalnya “orchid fertilizers”, robot itu akan mengeluarkan semua situs yang berhubungan dengan “orchid fertilizers” dan menyuruh Spider lain untuk memeriksa website mana yang paling bernilai dan relevan dengan “orchid fertilizers”, apakah website milik anda atau situs lain.

Di sinilah kuncinya! Anda kudu bisa dengan cara sejujur-jujurnya meyakinkan search engine bahwa website anda adalah yang paling bernilai dan relevan. Setidaknya tergolong relevan sehingga bisa menduduki 20 urutan teratas dalam hasil pencarian (masuk10 teratas lebih baik lagi).

Jujur artinya TANPA TRIK alias tanpa pengecohan atau penipuan. Search engine paling tidak suka dikecoh, apalagi ditipu. Menggunakan trik hanya membuahkan hasil sementara, karena search engine akan tahu dalam waktu yang tidak terlalu lama bahwa website anda menggunakan trik-trik tertentu agar bisa dianggap relevan dan bernilai. Akibatnya bisa fatal bagi bisnis anda, website anda akan masuk daftar hitam dan dikeluarkan dari database search engine. Bangkrut deh.....! 

Kerja sama antara kita dengan search engine harus dibina dengan baik, berdasarkan kejujuran dan usaha yang keras untuk memberikan website content berkualitas terbaik bagi pengunjung situs kita. Berikut ini adalah hal-hal yang tidak disukai dan dianggap mengecohkan dan menipu search engine. Jadi hindarliah cara-cara ini!

  • Penggunaan comment tags, invisible links atau apapun yang tidak wajar bagi sebuah website berbasis konten yang sesungguhnya

  • Mengira bahwa SE akan mendiamkan taktik atau trik yang dilakukan. SE punya program canggih yang bisa dengan mudah menengarai tindakan tidak terpuji itu.

  • Menyebar kata kunci dalam jumlah berlebihan dalam satu halaman atau mengulang kata kunci yang sama dalam META Keyword tag

  • Menggandakan website dengan versi yang berlainan. Cukup satu versi yang paling sesuai dan menghasilkan keuntungan di berbagai search engine

  • Menggunakan off-target keywords untuk menarik pengunjung yang tidak tertarget.

  • Masa bodo terhadap kemungkinan bahwa pesaing akan mengajukan keberatan tentang trik-trik tidak terpuji yang anda lakukan. Bila ada pesaing yang mengadu ke search engine, dalam waktu singkat website anda akan di blok.

  • Membuat multiple domains (Beberapa situs dengan domain name berbeda, tetapi kontennya sama atau diduplikasi), atau menggunakan link tersembunyi

Bila anda menyajikan website dan halaman untuk memuaskan baik pengunjung maupun search engine, maka hal-hal di atas tidak perlu dilakukan. Tak perlu resah, gelisah atau khawatir.

Bukankah anda sudah melakukan segala sesuatu sesuai dengan aturan dan prosedurnya, plus kejujuran. Maka tunggu saja hasilnya dengan sabar. Orang jujur dan sabar kekasih Allah kan? 
 
Cara untuk menjadi mitra yang baik bagi search engine, atau search engine friendly, silahkan dibaca pada set artikel “Search Engine Optimization (SEO)” di bagian lain situs ini.

#3 – AFFILIATE MERCHANT atau VENDOR

Sebagai seorang affiliate marketer, kita harus paham betul bahwa merchant mengharapkan penjualan dari pengunjung rujukan dari website anda. Cara terbaik untuk memenuhi harapan si merchant adalah menyajikan website content yang relevan dan berguna seputar hal yang menjadi topik.

Website content harus dapat menimbulkan keyakinan pengunjung melalui kegiatan PRESELLING sehingga ia berada dalam sikap “ready to buy” dan tergerak untuk meng-klik text link ke website merchant. Di sini merchant melaksanakan tugasnya untuk lebih mematangkan keyakinan pengunjung sehingga menjadi sebuah tindakan untuk membeli.

#4 – ANDA SENDIRI

Sudah sewajarnya bahwa anda juga harus memperoleh keuntungan dan berada pada posisi WIN pula. Caranya amat sederhana! Yakni, bila ketiga WIN di atas telah dicapai dengan cara membantu mereka dengan menyajikan website content yang baik, maka otomatis anda akan juga berhasil mendapatkan keuntungan. Jadi...ANDALAH KUNCINYA!

Bayangkan saja, memberikan website content terbaik bagi pengunjung akan menjamin kembalinya para pengunjung ke website anda dengan harapan akan ada informasi baru dan menarik lainnya yang ujung-ujungnya penjualan yang berkesinambungan.

Para search engines menyukai anda dan tak akan pernah mengeluarkan anda dari database mereka berkat kejujuran anda. Sedangkan si merchant akan semakin banyak membayar anda, bahkan mungkin memberikan bonus atau special deal bagi anda. Bukankah ini namanya bisnis yang sukses?!

Panduan dan coaching one to one mengenai wbesite content ini dapat anda peroleh di Niche Profit Classroom

Selanjutnya silahkan membaca topik berikutnya mengenai Homepage Creation

Bacalah artikel-artikel lain yang berhubungan dengan Website Conctruction di bawah ini: