Website Content, Bagian Terpenting Sebuah Website
#1 – PENGUNJUNG ANDA
Website content adalah artikel yang merupakan bagian
terpenting dari sebuah website. Artikel dianggap sebagai “raja” di internet, seperti
halnya konten. Website content yang bagus akan selalu menghasilkan traffic yang
bagus dan sebaliknya, konten yang buruk samasekali tak akan membuahkan traffic
apapun.
Istilah konten dan artikel seringkali kali digunakan
bergantian karena keduanya sebetulnya sama. Bagian terbesar dari sebuah website
adalah konten karena fungsi utamanya sebagai pemberi informasi kepada
pengunjungnya. Ibarat sebuah majalah di mana ada berbagai artikel dan daftar
isi atau menu. Kalau kita klik menunya maka yang akan muncul adalah halaman
artikel.
Website content tergantung dari misi utamanya. Kita
mengenal ada 4 misi yang bisa diemban oleh sebuah website: entertainment, informational,
commercial dan social. Dan tentu konten dari masing-masing website akan berbeda.
Karena kita adalah pebisnis online, saya akan fokus untuk
membahas website content yang mempunyai misi utama komersial. Dalam
kenyataannya, website yang komersial tidak 100% komersial, tetapi juga
mengandung konten yang bersifat menghibur, informatif dan sosial sehingga
membentuk sebuah kombinasi yang berdaya tarik.
Website content komersial bisa dibagi menjadi 2 kelompok
ditinjau dari pelaku bisnisnya:
- Affiliate marketer atau pebisnis afiliasi yang menjual produk
orang atau pihak lain harus menyajikan website content yang mengutamakan PRESELLING
- Merchant atau affiliate merchant atau vendor, pemilik
produk atau jasa harus menyajikan website content yang mengutamakan SELLING
Sebagai pebisnis online, baik sebagai affiliate marketer
maupun sebagai vendor, kita harus betul-betul memahami bahwa strategi paling
utama untuk menghasilkan uang tak lain adalah melalui penyajian konten atau Income Building Through Website Content”
Untuk melaksanakan strategi itu, maka salah satu modal
pokok adalah kemampuan kita untuk menyajikan website content yang memiliki nilai.
Bernilai untuk siapa? Hal ini akan saya jelaskan sebagai berikut.
Tentu anda pernah mendengar bahwa dalam kemitraan
berbisnis di kenal istilah WIN-WIN
PROPOSITION, suatu kedudukan kemitraan terbaik yang didasarkan pada
kesetaraan dalam memperoleh keuntungan atau hasil, saling memberi manfaat,
sama-sama untung dan sama-sama happy, begitu kira-kira.
Ditinjau dari sudut seorang affiliate marketer, ada 4
pihak yang perlu kita perhitungkan agar konten kita dikatakan ‘memiliki nilai’
tersebut yaitu: pengunjung, search
engine, merchant dan anda sendiri.
Keempat pihak itu harus bersama-sama berada dalam posisi WIN. Mari kita tinjau
posisi WIN masing-masing pihak.
#1 – PENGUNJUNG ANDA
Pengunjung adalah raja juga berlaku di dunia maya.
Pengunjung harus bisa mendapatkan apa yang dicarinya, yaitu informasi yang
original, jelas dan lengkap, tersaji dengan sistimatis dengan kata-kata dan
kalimat yang enak dibaca atau bahasa yang enak didengar.
Singkatnya: sajikan informasi berkualitas yang menjadi
jawaban dari kebutuhannya dan merupakan solusi untuk problemnya, sehingga
pengunjung merasa puas. Jangan sampai pengunjung kembali ke search engine untuk
mencari situs yang lain.
Bagi seorang affiliate marketer, website content harus
bisa membuat para pengunjungnya berada dalam kondisi ‘ready to buy’
untuk kemudian meng-klik link ke situs merchant dan melakukan pembelian.
#2 – SEARCH ENGINES
Search engines pada dasarnya adalah juga pelaku bisnis
online. Produk mereka adalah hasil pencarian yang berkualitas yang
dipersembahkan kepada pencari yang datang ke situs mereka. Dan mereka akan
menyenangi anda bila website anda membantu mereka untuk meningkatkan kualitas
hasil pencarian mereka.
Kerja situs search engine menggunakan semacam Spider
(sebuah program) yang memasukkan dan mengeluarkan website anda kedalam database
si search engine. Bila ada seorang pencari mencari misalnya “orchid fertilizers”,
robot itu akan mengeluarkan semua situs yang berhubungan dengan “orchid
fertilizers” dan menyuruh Spider lain untuk memeriksa website mana yang paling
bernilai dan relevan dengan “orchid fertilizers”, apakah website milik anda
atau situs lain.
Di sinilah kuncinya! Anda kudu bisa dengan cara
sejujur-jujurnya meyakinkan search engine bahwa website anda adalah yang paling
bernilai dan relevan. Setidaknya tergolong relevan sehingga bisa menduduki 20
urutan teratas dalam hasil pencarian (masuk10 teratas lebih baik lagi).
Jujur artinya TANPA
TRIK alias tanpa pengecohan atau penipuan. Search engine paling tidak suka
dikecoh, apalagi ditipu. Menggunakan trik hanya membuahkan hasil sementara,
karena search engine akan tahu dalam waktu yang tidak terlalu lama bahwa
website anda menggunakan trik-trik tertentu agar bisa dianggap relevan dan
bernilai. Akibatnya bisa fatal bagi bisnis anda, website anda akan masuk daftar
hitam dan dikeluarkan dari database search engine. Bangkrut deh.....!
Kerja sama antara kita dengan search engine harus dibina
dengan baik, berdasarkan kejujuran dan usaha yang keras untuk memberikan website
content berkualitas terbaik bagi pengunjung situs kita. Berikut ini adalah
hal-hal yang tidak disukai dan dianggap mengecohkan dan menipu search engine.
Jadi hindarliah cara-cara ini!
- Penggunaan
comment tags, invisible links atau apapun yang
tidak wajar bagi sebuah website berbasis konten yang sesungguhnya
- Mengira
bahwa SE akan mendiamkan taktik atau trik yang dilakukan. SE punya program
canggih yang bisa dengan mudah menengarai tindakan tidak terpuji itu.
- Menyebar
kata kunci dalam jumlah berlebihan dalam satu halaman atau mengulang kata
kunci yang sama dalam META Keyword
tag
- Menggandakan
website dengan versi yang berlainan. Cukup satu versi yang paling sesuai
dan menghasilkan keuntungan di berbagai search engine
- Menggunakan
off-target keywords untuk menarik pengunjung yang tidak tertarget.
- Masa
bodo terhadap kemungkinan bahwa pesaing akan mengajukan keberatan tentang
trik-trik tidak terpuji yang anda lakukan. Bila ada pesaing yang mengadu
ke search engine, dalam waktu singkat website anda akan di blok.
- Membuat
multiple domains (Beberapa situs
dengan domain name berbeda, tetapi kontennya sama atau diduplikasi), atau
menggunakan link tersembunyi
Bila anda menyajikan website dan halaman untuk memuaskan
baik pengunjung maupun search engine, maka hal-hal di atas tidak perlu
dilakukan. Tak perlu resah, gelisah atau khawatir.
Bukankah anda sudah melakukan segala sesuatu sesuai
dengan aturan dan prosedurnya, plus kejujuran. Maka tunggu saja hasilnya dengan
sabar. Orang jujur dan sabar kekasih Allah kan?
Cara untuk menjadi mitra yang baik bagi search engine,
atau search engine friendly,
silahkan dibaca pada set artikel “Search
Engine Optimization (SEO)” di
bagian lain situs ini.
#3 – AFFILIATE MERCHANT atau
VENDOR
Sebagai seorang affiliate marketer, kita harus paham
betul bahwa merchant mengharapkan penjualan dari pengunjung rujukan dari website
anda. Cara terbaik untuk memenuhi harapan si merchant adalah menyajikan website
content yang relevan dan berguna seputar hal yang menjadi topik.
Website content harus dapat menimbulkan keyakinan
pengunjung melalui kegiatan PRESELLING sehingga ia berada dalam sikap “ready to
buy” dan tergerak untuk meng-klik text link ke website merchant. Di sini
merchant melaksanakan tugasnya untuk lebih mematangkan keyakinan pengunjung
sehingga menjadi sebuah tindakan untuk membeli.
#4 – ANDA SENDIRI
Sudah sewajarnya bahwa anda juga harus memperoleh
keuntungan dan berada pada posisi WIN pula. Caranya amat sederhana! Yakni, bila
ketiga WIN di atas telah dicapai dengan cara membantu mereka dengan menyajikan website
content yang baik, maka otomatis anda akan juga berhasil mendapatkan
keuntungan. Jadi...ANDALAH KUNCINYA!
Bayangkan saja, memberikan website content terbaik bagi
pengunjung akan menjamin kembalinya para pengunjung ke website anda dengan
harapan akan ada informasi baru dan menarik lainnya yang ujung-ujungnya
penjualan yang berkesinambungan.
Para search engines menyukai anda dan tak akan pernah
mengeluarkan anda dari database mereka berkat kejujuran anda. Sedangkan si
merchant akan semakin banyak membayar anda, bahkan mungkin memberikan bonus
atau special deal bagi anda. Bukankah ini namanya bisnis yang sukses?!
Panduan dan coaching one to one mengenai wbesite content
ini dapat anda peroleh di Niche
Profit Classroom
Selanjutnya silahkan membaca topik berikutnya mengenai Homepage Creation
Bacalah artikel-artikel lain yang berhubungan dengan Website Conctruction di bawah ini: