MANFAATKAN PELUANG POTENSI
PENGUNJUNG KE HALAMAN FACEBOOK ANDA
Apakah anda sudah tahu bahwa anda dapat menggiring pengunjung ke website anda langsung dari Halaman Facebook anda?
Ada begitu banyak peluang yang tersedia bagi anda untuk memanfaatkan Halaman Facebook anda guna meningkatkan jumlah pengunjung ke website anda. Dan itu bahkan tak memerlukan banyak waktu. Nyatanya Facebook marketing dapat mendatangkan arus pengunjung untuk waktu tidak lebih dari 30 menit setiap hari kerja.
Jika anda belum membaca dua artikel terakhir saya tentang Facebook Marketing, anda mungkin ingin mulai dari sini dulu:
Mari kita lihat beberapa ide untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung (fans, penggemar) ke website anda dengan memanfaatkan Facebook:
Sedikitnya tips berikut sangat penting untuk membangun sebuah komunitas Facebook:
- Tambahkan
sebuah Facebook Like Box atau icon Facebook anda pada website anda – Pastikan pengunjung situs anda memiliki kesempatan
untuk berinteraksi dengan Halaman Facebook anda. Mereka mungkin tidak akan
membeli saat mereka mendarat di website anda, tetapi bila anda bisa mendapatkan
“Like” mereka sebelum mereka meninggalkan website anda, mereka mungkin
akan berkunjung kembali ke website anda dan akan membeli.
Kunjungi web page ini dan ikuti petunjuk untuk membuat satu “Like”
box untuk dipasang di website anda. Copas kode yang didapat ke website anda di
tempat yang mudah terlihat oleh pengunjung.
Untuk menambah sebuah ikon Facebook pada website anda yang akan menggiring
pengunjung ke halaman, gunakan ShareThis.
Ini adalah sebuah aplikasi yang mudah digunakan yang memberi anda beberapa
pilihan untuk menambahkan tombol media sosial untuk website anda.
- Undang kontak Email anda untuk “Like” halaman anda – Hindari melakukan spamming, tapi mintalah mereka dengan ramah untuk bergabung dengan anda di Facebook. Juga, jika anda memiliki sebuah daftar email, lakukan hal yang sama tapi buatlah sebagai sebuah tawaran yang menarik.
- Baliklah berbicara – Jika penggemar anda membalas posting anda atau meninggalkan komentar, jangan abaikan mereka! Jagalah percakapan agar tetap berlanjut. Semakin anda terlibat dalam sebuah percakapan, semakin banyak penggemar anda menjadi semakin akrab dan mengenal produk anda Ini juga merupakan lampu hijau bagi mereka untuk melihat apa yang anda tawarkan di website anda.
- Pesan pribadi – Mungkinkan penggemar untuk mengirim pesan pribadi (personal message) kepada anda. Anda bisa melakukannya dengan mengakses Admin Panel dan klik “Edit Page”. Klik “Manage Permission” dan berikan tanda check di box yang mengatakan “Show Message Button”
FACEBOOK TRAFFIC MACHINE – CUSTOM TABS
Dulu, sebelum Facebook meluncurkan Facebook Timeline, para marketer biasanya akan mengirim penggemar baru yang potensial langsung ke satu landing page (halaman di mana penggemar disambut) yang sudah dibuat. Landing Page ini berisi tawaran, yang hanya tersedia bila penggemar “Like” halamannya. Kini hal ini tidak lagi bisa dilakukan, tetapi dengan Custom Tab dapat anda ciptakan sebuah halaman semacam sambutan.
Tabs ini bisa kita sebut Facebook Traffic Machine. Mesin Traffic ini sesuai dengan yang kita inginkan dan dapat digunakan untuk apapun dari mulai halaman fangate (dari kata fan gate = pintu masuk para fans. Di halaman fangate orang harus “Like” halamannya sebelum menerima hadiah gratis atau akses ke sesuatu), sebuah optin, halaman sambutan atau setiap konten lain yang digunakan untuk meningkatkan traffic atau menghasilkan lebih banyak Leads. (Catatan: dalam internet marketing, ‘Traffic’ adalah pengunjung, pembaca, penggemar yang datang datang berkunjung ke sebuah halaman website)
Tabs ini built-in di bagian tabs halaman Facebook anda Anda dapat menciptakan hingga 12 tab, dengan hanya empat pertama terlihat. Pengguna bisa mengakses 8 tabs lainya dengan mengklik panah kecil di sebelah tab. Custom tabs yang terletak di kanan bawah dari Cover Photo.
Anda dapat menggunakannya untuk segala macam keperluan seperti mengarahkan
pengunjung ke profil sosial media tambahan, kontes, promosi, dan halaman untuk
menggaet Lead.
Dalam bagian berikut, saya akan membahas bagaimana untuk menanamkan (embed) sebuah halaman di website anda langsung pada sebuah Facebook Tab. Tapi, di bagian ini, saya ingin menunjukkan anda bagaimana anda bisa menciptakan Custom Tabs untuk menambah halaman-halaman sambutan atau konten lain ke Halaman Facebook anda guna menarik lebih banyak traffic ke website anda.
Ini adalah beberapa ide untuk menarik minat anda. Perusahaan-perusahaan di bawah ini menggunakan tabs mereka secara kreatif dan unik:
Social Identities
Image Credit:
Mari Smith
Stephen Pierce
Halaman - halaman tersebut merupakan contoh yang baik bagaimana anda dapat me-leverage Custom Tab anda untuk menarik lebih banyak traffic ke website dan produk-produk anda. Cobalah pikirkan bagaimana anda bisa menarik traffic yang ada di luar halaman Facebook anda dan kemudian menggunakan strategi ini untuk menciptakan Cutom Tabs halaman Facebook anda.
Tab-Tab Potensial:
- Optins
- Video
- Penjualan produk
- Penawaran gratis
- Kupon dan diskon
- Halaman sambutan
- Kontes
- Promosi
Tips: untuk meniru fitur awal landing-page yang dulu pernah dibolehkan oleh
Facebook sebelum Facebook Timeline, maka ketika anda menambahkan sebuah ikon Facebook giringlah orang langsung ke satu tab custom “Landing
Page”, bukan ke Halaman Facebook utama anda.
MEMBUAT CUSTOM TABS
Apakah anda perlu menjadi seorang profesional untuk menciptakan satu desain grafis untuk tab anda? Tidak.
Untungnya, ada aplikasi-aplikasi yang memungkinkan bagi Facebook marketer yang paling pemula sekalipun untuk menciptakan tab profesional dengan sedikit uang, atau bahkan gratis dalam beberapa kasus.
Berikut ini ada beberapa alat:
Fiverr – Fiverr bukanlah
suatu alat, melainkan sebuah situs di mana anda dapat memperoleh beberapa karya
desain grafis dengan biaya tak sampai harga dua cangkir kopi di Starbuck. Fiverr
tidak direkomendasikan untuk setiap tugas marketing. Namun jika anda mencari (di
Internet) dengan benar dan memilah berdasarkan rating, maka anda dapat
menemukan beberapa desainer yang layak yang dapat membuat desain grafis sesuai
keinginan untuk Facebook tab anda.
Tabsite – Tabsite
menawarkan opsi coba gratis untuk dua tab dan memiliki template yang proprietary,
serta sistim Drag N Build yang mudah digunakan dan siap pakai
Shortstack – Shortstack
menawarkan opsi coba gratis selama 7-hari. Ini termasuk daftar panjang dari fitur-fitur
seperti fangating dan templates yang dapat dimodifikasi sesuai keinginan.
Pagemodo – Pagemodo
adalah sebuah alat all-in-one Facebook Page creator. Dengan alat ini, anda
dapat membuat grafik/gambar atau tabs untuk Facebook Page sesuai keinginan.
Versi gratisnya menawarkan satu fan page, cover photo dan satu tab. Untuk
beberapa dolar sebulan, anda dapat menciptakan maksimal tiga tab. Versi gratis
tersebut termasuk sebuah iklan kaki Pagemodo di semua tab anda. Untuk
menghilangkan iklan Pagemode ini anda harus meng-upgrade ke versi berbayar.
WooBox – Woobox
menawarkan versi gratis yang memungkinkan anda untuk membuat enam jenis tab
untuk halaman anda. Versi berbayarnya dimulai dari $10/bulan
APLIKASI IFRAME
Kemampuan Iframe memungkinkan anda untuk menanamkan (embed) halaman –halaman website seluruhnya langsung ke Facebook tab anda. Program-program tersebut di bawah ini memungkinkan anda untuk membuat sebuah tab dan meng-copas alamat URL atau kode HTML dari halaman website anda. Produk jadinyai adalah sebuah replika yang persis sama dengan halaman website anda berikut semua fungsionalitas-nya. Intinya, anda membuat versi-versi mini dari website anda di dalam Facebook.
“Website mini” ini bisa menjadi alat untuk men-generate lead yang sangat ampuh
untuk mengarahkan pengunjung atau fans ke website anda, menangkap optins, atau memastikan
lebih banyak “Like” untuk halaman Facebook anda.
Berikut ini adalah beberapa aplikasi Iframe yang popular
1. Static HTML – Aplikasi ini memerlukan sedikit pekerjaan dan
mungkin tidak cocok untuk pemula. Aplikasi ini juga membutuhkan biaya untuk
menambah gambar-gambar pada Facebook tabs.
2. Tabsite Memberikan
dua tabs gratis, namun Iframe tab tersedia dalam paket dengan bayaran hanya $10
/bulan. Aplikasi ini lebih mudah untuk digunakan dibanding static HTML, karena
anda hanya perlu memasukan alamat url di applikasi ini dan itu memungkinkan
anda untuk memodifikasi tabs sesuai keinginan langsung di halaman Facebook
3. Iwipa – Iwipa memiliki kemampuan Iframe tab gratis dan
juga menyediakan templates dapat digunakan untuk applikasi-aplikasi anda.
REKOMENDASI PILIHAN
4. WooBox – WooBox
memiliki iframe tab static
HTML gratis yang mudah digunakan dan menjadi aplikasi yang sangat dianjurkan.
Hanya dengan alamat url, anda dapat menanamkan seluruh halaman web di dalam
sebuah aplikasi Facebook tanpa memerlukan kode atau pekerjaan tambahan.
Dengan Custom Tabs dan stratego Facebook Marketing yang solid, anda dapat memanfaatkan platform untuk meningkatkan traffic anda dan menciptakan sebuah komunitas yang terdiri dari para pengikut yang setia.
Semoga bermanfaat dan semoga kegiatan Facebook Marketing anda sukses
Wassalam, Mimuk Bambang Irawan
Sumber: Discover the Hidden Traffic Opportunities onYour Facebook Page by Adam Short
Translated by: Mimuk Bambang Irawan