4 ALASAN MENGAPA FANPAGE FACEBOOK ANDA TIDAK BERHASIL
Apakah anda sudah mulai melakukan
pemasaran melalui Facebook? Jika ya maka kemungkinan anda menghadapi situasi
seperti ini:
- Tidak ada orang yang melihat postingan-ku
- Kelihatannya saya belum menemukan momentum yang pas
- Mengapa tak ada seorangpun yang “Like” fanpage-ku
- Bagaimana caranya Facebook membantuku untuk menghasilkan lebih banyak uang?
Itu adalah 4 situasi utama yang
dialami orang-orang yang merasa tidak
yakin bagaimana Facebook bisa cocok untuk kampanye pemasaran mereka
Nah, yakinlah bahwa Facebook dapat
menjadi SUKSES YANG BESAR bagi anda, bila anda mengetahui secara tepat apa yang
harus anda lakukan
Apakah anda telah melakukan
kesalahan? Sebenarnya bukan masalah apakah anda telah melakukan kesalahan, tapi
apa yang bisa anda lakukan dengan BENAR
Mari kita bahas kebih lanjut …
Jika anda gagal melakukan kegiatan
pemasaran di Facebook, maka anda mungkin termasuk dalam 4 kemungkinan di bawah
ini.
- Anda
seharusnya tidak melakukan kegiatan pemasaran di Facebook, karena Facebook
tidaklah untuk semua orang
- Anda
tidak bisa mendapatkan fans
- Anda
memiliki fans, namun tidak tertarik pada postingan andaAnda memiliki fand yang
tertarik pada postingan anda, namun anda tidak dapat merubahnya menjadi
penghasilan yang diinginkan
Anda akan termasuk dalam salah satu
kemungkinan itu, bisa sekarang atau kelak dalam kegiatan marketing anda. Jadi,
silahkan bookmark artikel ini untul referensu di kemudian hari
#1 - APAKAH SAYA HARUS MEMASARKAN PRODUK SAYA MELALUI FACEBOOK?

Jenis market yang bagaimana yang
tidak cocok untuk Facebook?
Misalnya sebuah produsen gelas kimia
atau produsen onderdil yang menjual kepada pabrik perakitan mobil… Apakah industri-industri
ini memiliki audiens di facebook? Menurut saya, tidak.
Sementara anda mungkin bukan produsen
onderdil mobil, anda harus mempertimbangkan target audiens anda. Apakah mereka ada
di facebook? Apakah mereka bersedia bergabung dengan komunitas yang terfokus
pada industri anda? Jika tidak, anda mungkin tidak cocok untuk memasarkan
produk anda di Facebook. Tapi, menurut pengalaman saya, saya lihat bahwa lebih
dari 95 % dari industri akan menemukan suatu nilai dalam pemasaran di facebook.
#2. DI
MANA SEMUA FANS SAYA?
Ini adalah salah satu masalah TERBESAR
yang dihadapi seorang marketer. Anda menciptakan profil; menambahkan beberapa
apps (applications), dan menulis beberapa posting… lalu, sekarang apa?
Pertama, ketahuilah bahwa Facebook marketing
adalah sebuah pekerjaan yang sedang berlanjut dan perubahan dalam sebuah
komunitas yang besar tidak bisa terjadi dalam waktu sekejap. Itu memerlukan
usaha dan kesabaran, tetapi hasil ahirnya akan sangat bermanfaat.
Kedua, mendapatkan fans dapat
terjadi dengan dua cara, yaitu dengan cara membayar dan gratis. Yang berbayar akan
membuat anda memperoleh fans dengan lebih cepat tapi itu butuh uang. Cara yang
gratis lebih mantap dan bekerja dengan baik tetapi ini memerlukan waktu lebih lama untuk bisa mengembangkan
komunitas Facebook anda
Ini adalah beberapa bebas metode
untuk memperoleh fans facebook:
- Tambahkan
Halaman Facebook anda pada email signature anda
- Tambahkan
Facebook Like Box pada website atau blog anda
- Berikan
kesempatan kepada orang-orang untuk “Like” konten anda dengan menambahkan
tombol ‘social share ‘( misalnya: addthis )
- Mengundang
kontak anda yang sekarang untuk “Like” halaman anda
- Mengundang
teman-teman anda dari profil pribadi anda untuk “Like” halaman. anda
- Menjalankan
kontes dan ajakan untuk sharing (ada imbalan hadiah barang, tetapi imbalan
juga bisa berupa jasa)
- “Like”
halaman terkait dari fans lainnya. Carilah halaman fans lainnya (yang
tidak terkait) dan “Like” mereka.
- Mengkomentari
postingan orang lain menggunakan nama halaman anda (gunakan dengan
hati-hati)
- Berinteraksi
dengan halaman fans lain di halaman mereka untuk memberikan nilai tambah
pada komunitas mereka tanpa melakukan spamming.
- Saat
berinteraksi dengan penggemar halaman lain lakukan tagging nama pada
komentar yang anda berikan.
- Berinteraksi
dalam kelompok (groups); kenali orang-orangnya dan tambahkan nilai tanpa melakukan
spamming. Beberapa kelompok memilik dokumen dalam arsip mereka di mana
anda dapat mem-posting halaman Facebook anda
Ketika menggunakan strategi ini
pastikan anda melakukan posting sebagai fan page anda, bukan dengan profil
pribadi anda. Groups merupakan satu-satunya tempat di mana anda akan melakukan
posting menggunakan profil pribadi anda.
Cara Berbayar
Memasang oklan di Facebook (Facebook
advertising) adalah sebuah strategi yang sangat efektif tidak bukan untuk memperoleh
lebih banyak “Like”, tapi juga untuk menumbuhkan fan page anda dan menambah popularitas.
Saya telah membahas tentang Facebook advertising dan bagaimana mendapatkan
hasilnya dalam 3-bagian Serial Blog saya:
Optimize Your Facebook Ads for Higher Conversions – Part 1
Optimize Your Facebook Ads for Higher Conversions – Part 2
Optimize Your Facebook Ads for Higher Conversions – Part 3
Optimize Your Facebook Ads for Higher Conversions – Part 2
Optimize Your Facebook Ads for Higher Conversions – Part 3
#3. MENGAPA
TIDAK ADA YANG TERARIK DENGAN FANPAGE SAYA?
Ada banyak alasan untuk ini, tapi
salah satu isu penting yang saya lihat berhubungan dengan jenis konten yang
diposting. Saat anda melakukan posting, cobalah menilai bagian-bagian mana dari
konten anda yang menghasilkan
ketertarikan paling banyak.
Juga, ujilah waktu dan hari apa yang
lebih sukses. Terakhir, periksalah tingkat ketertarikan di setiap postingan
anda dan temukan postingan mana yang mencapai paling banyak fans. Tidak setiap
fan akan melihat posting anda kecuali jika anda membayar untuk beberapa iklan.
Periksa eksposur postingan individu di sini:
Klik linknya untuk melihat aktivitas organic dan viral
anda
Untuk mempelajari tentang beberapa metode yang efektif
untuk meningkatkan ketertarika, silahkan periksa blog-post yang satu ini: 10 Kiat Ampuh Untuk Meningkatkan Basis Fan-Page Facebook Anda
#4. BAGAIMANA
FACEBOOK MENTERJEMAHKANNYA KEDALAM PENGHASILAN YANG SEBENARNYA?
Sepertinya setiap dolar dan menit yang
anda tuangkan ke Facebook hanya menghasilkan tambahan beberapa percakapan yang
begitu-begitu saja dan acungan jempol “Like”.
Jadi apa sebenarnya nilai yang dihasilkan?
Facebook bukanlah suatu platform di
mana anda secara blak-blakan bisa mengiklankan produk dan layanan secara langsung.
Facebook sudah diatur agar orang menjadi tertarik pada merek dagang anda,.dan
ketika tiba saatnya untuk membeli, mereka akan menghubungi anda. Semakin banyak
nilai yang anda berikan pada merek anda, semakin tinggi nilai persepsi mereka
untuk merek dagang anda.
Itu bukan berarti anda tidak dapat nge-link
ke website atau blog anda dan mendistribusikan penawaran dan diskon di Facebook.
Selama anda disukai oleh para fans, sesekali beriklan akan disambut oleh
orang-orang yang tertarik pada penawaran anda.
Gunakan Iklan facebook untuk
menggiring audiens (traffic) ke website anda atau ‘landing page’ yang anda
inginkan. Gunakan aplikasi facebook sebagai “Like gates” (orang harus menyukai
halaman anda untuk melihat kontennya) atau alat untuk menghasilkan ‘Lead” untuk
mengembangkan bisnis. Saya membahas tentang teknik ini dalam 3-bagian Serial
Blog di atas.
Semoga bermanfaat
Sumber:
4 Reasons Why
Your Facebook Fan Page is NOT Successful – By Adam Short, Niche Profit
Classroom. Translated by: Mimuk Bambang Irawan