Sunday, January 26, 2014

4 ALASAN MENGAPA FANPAGE FACEBOOK ANDA TIDAK BERHASIL

4 ALASAN MENGAPA FANPAGE FACEBOOK ANDA TIDAK BERHASIL

Apakah anda sudah mulai melakukan pemasaran melalui Facebook? Jika ya maka kemungkinan anda menghadapi situasi seperti ini:
  • Tidak ada orang yang melihat postingan-ku
  • Kelihatannya saya belum menemukan momentum yang pas
  • Mengapa tak ada seorangpun yang “Like” fanpage-ku
  • Bagaimana caranya Facebook membantuku untuk menghasilkan lebih banyak uang?

Itu adalah 4 situasi utama yang dialami orang-orang  yang merasa tidak yakin bagaimana Facebook bisa cocok untuk kampanye pemasaran mereka

Nah, yakinlah bahwa Facebook dapat menjadi SUKSES YANG BESAR bagi anda, bila anda mengetahui secara tepat apa yang harus anda lakukan

Apakah anda telah melakukan kesalahan? Sebenarnya bukan masalah apakah anda telah melakukan kesalahan, tapi apa yang bisa anda lakukan dengan BENAR

Mari kita bahas kebih lanjut …

Jika anda gagal melakukan kegiatan pemasaran di Facebook, maka anda mungkin termasuk dalam 4 kemungkinan di bawah ini.

  • Anda seharusnya tidak melakukan kegiatan pemasaran di Facebook, karena Facebook tidaklah untuk semua orang
  • Anda tidak bisa mendapatkan fans
  • Anda memiliki fans, namun tidak tertarik pada postingan andaAnda memiliki fand yang tertarik pada postingan anda, namun anda tidak dapat merubahnya menjadi penghasilan yang diinginkan
 Anda akan termasuk dalam salah satu kemungkinan itu, bisa sekarang atau kelak dalam kegiatan marketing anda. Jadi, silahkan bookmark artikel ini untul referensu di kemudian hari

#1 - APAKAH SAYA HARUS MEMASARKAN PRODUK SAYA MELALUI FACEBOOK?

Facebook adalah sebuah tambang emas potensial dan banyak ahli pemasaran akan memberitahu anda untuk menggunakannya terlepas dari industri apapun yang anda geluti. Tapi, untuk sebagian orang, pemasaran di facebook hanya dianggap membuang-buang waktu saja. Jika audiens anda tidak sosial, atau apa yang anda tawarkan tidak sesuai untuk membangun suatu komunitas, maka upaya anda di facebook akan sia-sia

Jenis market yang bagaimana yang tidak cocok untuk Facebook?

Misalnya sebuah produsen gelas kimia atau produsen onderdil yang menjual kepada pabrik perakitan mobil… Apakah industri-industri ini memiliki audiens di facebook? Menurut saya, tidak.

Sementara anda mungkin bukan produsen onderdil mobil, anda harus mempertimbangkan target audiens anda. Apakah mereka ada di facebook? Apakah mereka bersedia bergabung dengan komunitas yang terfokus pada industri anda? Jika tidak, anda mungkin tidak cocok untuk memasarkan produk anda di Facebook. Tapi, menurut pengalaman saya, saya lihat bahwa lebih dari 95 % dari industri akan menemukan suatu nilai dalam pemasaran di facebook.

#2. DI MANA SEMUA FANS SAYA?

Ini adalah salah satu masalah TERBESAR yang dihadapi seorang marketer. Anda menciptakan profil; menambahkan beberapa apps (applications), dan menulis beberapa posting… lalu, sekarang apa?

Pertama, ketahuilah bahwa Facebook marketing adalah sebuah pekerjaan yang sedang berlanjut dan perubahan dalam sebuah komunitas yang besar tidak bisa terjadi dalam waktu sekejap. Itu memerlukan usaha dan kesabaran, tetapi hasil ahirnya akan sangat bermanfaat.

Kedua, mendapatkan fans dapat terjadi dengan dua cara, yaitu dengan cara membayar dan gratis. Yang berbayar akan membuat anda memperoleh fans dengan lebih cepat tapi itu butuh uang. Cara yang gratis lebih mantap dan bekerja dengan baik tetapi ini  memerlukan waktu lebih lama untuk bisa mengembangkan komunitas Facebook anda

Ini adalah beberapa bebas metode untuk memperoleh fans facebook:
  • Tambahkan Halaman Facebook anda pada email signature anda
  • Tambahkan Facebook Like Box pada website atau blog anda
  • Berikan kesempatan kepada orang-orang untuk “Like” konten anda dengan menambahkan tombol ‘social share ‘( misalnya: addthis )
  • Mengundang kontak anda yang sekarang untuk “Like” halaman anda
  • Mengundang teman-teman anda dari profil pribadi anda untuk “Like” halaman. anda
  • Menjalankan kontes dan ajakan untuk sharing (ada imbalan hadiah barang, tetapi imbalan juga bisa berupa jasa)
  • “Like” halaman terkait dari fans lainnya. Carilah halaman fans lainnya (yang tidak terkait) dan “Like” mereka.
  • Mengkomentari postingan orang lain menggunakan nama halaman anda (gunakan dengan hati-hati)
  • Berinteraksi dengan halaman fans lain di halaman mereka untuk memberikan nilai tambah pada komunitas mereka tanpa melakukan spamming.
  • Saat berinteraksi dengan penggemar halaman lain lakukan tagging nama pada komentar yang anda berikan.
  • Berinteraksi dalam kelompok (groups); kenali orang-orangnya dan tambahkan nilai tanpa melakukan spamming. Beberapa kelompok memilik dokumen dalam arsip mereka di mana anda dapat mem-posting halaman Facebook anda
 Ketika menggunakan strategi ini pastikan anda melakukan posting sebagai fan page anda, bukan dengan profil pribadi anda. Groups merupakan satu-satunya tempat di mana anda akan melakukan posting menggunakan profil pribadi anda.

Cara Berbayar
Memasang oklan di Facebook (Facebook advertising) adalah sebuah strategi yang sangat efektif tidak bukan untuk memperoleh lebih banyak “Like”, tapi juga untuk menumbuhkan fan page anda dan menambah popularitas. Saya telah membahas tentang Facebook advertising dan bagaimana mendapatkan hasilnya dalam 3-bagian Serial Blog saya:


#3. MENGAPA TIDAK ADA YANG TERARIK DENGAN FANPAGE SAYA?

Ada banyak alasan untuk ini, tapi salah satu isu penting yang saya lihat berhubungan dengan jenis konten yang diposting. Saat anda melakukan posting, cobalah menilai bagian-bagian mana dari konten anda  yang menghasilkan ketertarikan paling banyak.

Juga, ujilah waktu dan hari apa yang lebih sukses. Terakhir, periksalah tingkat ketertarikan di setiap postingan anda dan temukan postingan mana yang mencapai paling banyak fans. Tidak setiap fan akan melihat posting anda kecuali jika anda membayar untuk beberapa iklan.

Periksa eksposur postingan individu di sini:


Klik linknya untuk melihat aktivitas organic dan viral anda

Untuk mempelajari tentang beberapa metode yang efektif untuk meningkatkan ketertarika, silahkan periksa blog-post yang satu ini: 10 Kiat Ampuh Untuk Meningkatkan Basis Fan-Page Facebook Anda 

#4. BAGAIMANA FACEBOOK MENTERJEMAHKANNYA KEDALAM PENGHASILAN YANG SEBENARNYA?

Sepertinya setiap dolar dan menit yang anda tuangkan ke Facebook hanya menghasilkan tambahan beberapa percakapan yang begitu-begitu saja dan acungan jempol “Like”.  Jadi apa sebenarnya nilai yang dihasilkan?

Facebook bukanlah suatu platform di mana anda secara blak-blakan bisa mengiklankan produk dan layanan secara langsung. Facebook sudah diatur agar orang menjadi tertarik pada merek dagang anda,.dan ketika tiba saatnya untuk membeli, mereka akan menghubungi anda. Semakin banyak nilai yang anda berikan pada merek anda, semakin tinggi nilai persepsi mereka untuk merek dagang anda.

Itu bukan berarti anda tidak dapat nge-link ke website atau blog anda dan mendistribusikan penawaran dan diskon di Facebook. Selama anda disukai oleh para fans, sesekali beriklan akan disambut oleh orang-orang yang tertarik pada penawaran anda.

Gunakan Iklan facebook untuk menggiring audiens (traffic) ke website anda atau ‘landing page’ yang anda inginkan. Gunakan aplikasi facebook sebagai “Like gates” (orang harus menyukai halaman anda untuk melihat kontennya) atau alat untuk menghasilkan ‘Lead” untuk mengembangkan bisnis. Saya membahas tentang teknik ini dalam 3-bagian Serial Blog di atas.

Semoga bermanfaat


Sumber: 4 Reasons Why Your Facebook Fan Page is NOT Successful – By Adam Short, Niche Profit Classroom. Translated by: Mimuk Bambang Irawan