SETUP HALAMAN FACEBOOK (FAN- PAGE)
CARA SET-UP HALAMAN FACEBOOK
ANDA UNTUK HASIL YANG MAKSIMUM
Sudah bukan rahasia lagi bahwa Facebook telah
bertahun-tahun secara mandiri mendominasi balantika media sosial. Tempat yang
dulu menjadi arena berinteraksinya para mahasiswa sekarang telah menjelma
menjadi sebuah tempat yang bernilai milyaran dollar yang digunakan oleh para
webmaster dan pemilik bisnis untuk mencapai jutaan orang yang ingin ditarik
menjadi pelanggan dari merek produk mereka.
Apakah anda sudah memiliki Halaman Facebook (Facebook Page) untuk merek produk anda? Bila sudah, maka anda tentu sudah mahfum bahwa Facebook telah merubah desain asalnya ke format Timeline yang baru sekitar bulan Maret yang lalu. Perubahan ini, walaupun tidak sepenuhnya mendapat sambutan dari para pengguna Facebook, memungkinkan para pemilik Halaman Facebook untuk memanfaatkan beberapa fitur baru yang menarik.
NAMA
HALAMAN
Jika anda seorang pemula, luangkan waktu untuk memikirkan sebuah nama bagi Halaman Facebook anda. Nama halaman merupakan komponen yang sangat penting untuk halaman anda dan Facebook tidak akan mengijinkan anda untuk merubahnya bila halaman anda telah mencapai total 200 Like
Pikirkanlah
sebuah nama yang akan digunakan untuk jangka panjang. Apa kiranya nama yang
cocok bagi bisnis anda walaupun terjadi perubahan pada goals anda? Kebanyakan
orang menggunakan nama merek/website mereka sehingga pengguna dapat menemukan
halaman mereka dengan mudah.
Facebook mempunyai beberapa panduan tentang
Page name, silahkan melihatnya DI SINI.
COVER PHOTO
Cover photo ini merupakan gambar terbesar di
Halaman Facebook anda dengan ukuran 851 X 315 pixels. Gunakan area ini untuk
menampilkan gambar yang merepresentasikan produk/merek anda. Berikut ini ada
beberapa contoh bisnis yang memanfaatkan cover image mereka dengan sangat bagus
Social Identities
Social Stars
Smart Women’s
Institute
Cover photo anda tentu tidak perlu sebagus
contoh di atas. Kalau saja anda bisa memberikan gambaran tentang website anda
dan mampu untuk menggalang fans anda, maka cover photo itu sudah cukup efektif.
Walaupun cover photo di atas mengandung
pesan merek, namun tidak terlihat bahasa iklan atau informasi tentang website
mereka. Facebook mempunyai ketentuan yang ketat yang mengatur bagaimana anda
boleh dan tidak boleh menggunakan cover photo anda.
Menurut Facebook, cover photo dilarang
menampilkan hal-hal berikut:
- Harga atau
informasi belanja seperti: “Potongan 40%”
atau “Download it at our website”
- Contact
information seperti alamat website, email, mailing address atau informasi yang seharusnya
dimasukkan ke dalam bagian “About” halaman Facebook anda.
- Referensi
ke fitur-fitur atau tindakan di Facebook seperti “Like” atau “Share”
ataupun panah yang menunjuk dari cover photo ke fitur-fitur tersebut di
atas.
- Calls-to-action
seperti “Get it now” atau “Tell your friends”
- Covers tidak boleh palsu, menipu atau menyesatkan, dan tidak melanggar hak-hak intelektual pihak ke tiga.
PROFILE PICTURE
Profile picture adalah gambar yang lebih
kecil yang tempatnya di sebelah kiri bawah dari cover photo anda. Gambar atau
foto ini dimaksudkan untuk menampilkan representasi dari Halaman Facebook anda
bila tampil di halaman-halaman lain di samping setiap posting anda di bagian
newsfeed.
Facebook menyarankan untuk menggunakan logo
perusahaan anda, tapi desainnya diserahkan sepenuhnya kepada kita. Jika anda
ingin mem-branding diri anda sendiri, maka sebuah foto professional diri anda
akan bagus. Seorang pakar media social, Mari Smith menggabungkan keduanya
dengan mancantumkan sebuah logo kecil di bagian bawah profile picture-nya.
Walaupun Facebook akan melakukan re-sizing
pada foto anda agar bisa masuk dalam profile image box, tapi dianjurkan untuk
meng-upload foto dengan ukuran 180 X 180 pixel. Foto itu juga harus bisa tampil
dengan baik untuk ukuran 32 X 32 pixel yaitu ukuran gambar thumbnail yang akan
kelihatan di samping posting anda.
ABOUT INFORMATION
Bagian About langsung
terletak di bawah profile photo anda. Anda perlu meng-edit informasi di bagian
About ini. Klik “Edit Page” di Admin panel, kemudian highlight “Update info”
Setelah di klik anda akan dibawa ke halaman ini:
Teks yang dimasukkan di kolom “About” dalam
info page ini akan tampil lansung di bawah profile picture pada Halaman
Facebook anda.
Teks yang diisi dalam kolom-kolom
berikutnya akan tampil bila pengguna meng-klik link “About” yang terletak langsung
di bawah informasi About yang utama di halaman FB anda.
Catatan: Fitur tabs pada info page akan bervariasi yang
tergantung pada tipe fan page
yang anda pilih (seperti service, local business, dsb.)
Info dalam About harus mengandung sebuah
link ke website anda berikut semua informasi terkait (nomor telepon, alamat,
dsb.) bila memang dikehendaki. Gunakan bagian ini untuk memajang salah satu
dari benefit utama produk anda atau untuk mengarahkan pengunjung ke website
anda. Hindari untuk mengiklankan produk anda secara mencolok, tapi buatlah
kalimat secara kreatif dan menarik, sehingga pengunjung ingin tahu lebih banyak
tentang website anda.
APPLICATIONS
Applications (Apps) memungkinkan para pemilik
Halaman Facebook untuk memperinci informasi yang lebih spesifik kepada para
fans mereka. Pelaku bisnis menggunakan tabs ini untuk memajang games, events,
welcome pages, free downloads, products, testimonials, links yang mengarah ke social
profiles tambahan dan sebagainya.
Perlakukan applications seperti
halaman website kecil yang merangkum pesan Halaman Facebook anda. Gunakan
applications ini untuk penawaranpoenawaran khusus, konten yang menarik atau
sebagai sebuah cara lain untuk menimbulkan minat seputar website atau asset sosial
anda
Facebook membolehkan anda untuk memiliki
maksimal 12 apps, walaupun hanya 4 apps yang ditampilkan di halaman depan. Agar pengguna dapat melihat lebih dari 4
apps, ia harus meng-klik panah kecil di samping apps untuk membuka jendela apps
selengkapnya. Anda dapat menukar letak apps untuk menampilkan yang paling
penting. Namun Facebook tidak membolehkan anda memindahkan Photo apps yang
letaknya akan selalu pada posisi pertama (paling kiri)
Untuk menciptakan applications ini anda
bisa menggunakan salah satu dari services di bawah ini. Mereka menawarkan
free-trials (mencoba gratis) berikut harga yang pantas bila anda ingin
meng-upgrade applikasi anda:
Anda mencari ide bagi Halaman Facebook anda?
Coba cari ide dengan melakukan
browsing pada beberapa Halaman Facebook lain dan amati bagaimana produk/merek
atau website lain menggunakan apps untuk menciptakan kehebohan
dan pengunjung ke website mereka
POSTS
Dalam pembahasan berikutnya, kita akan
membahas tentang Posting dan cara menggunakannya untuk meningkatkan hubungan
dan memperbesar fan base anda. Hari ini, kita membahas dasar bekerjanya Posts
berikut fitur-fiturnya.
- Meng-klik icon
bintang akan memperbesar ukuran sebuah post menjadi ukuran maksimum
timeline. Gunakan fungsi ini untuk menarik pembaca ke post yang penting
- Mengganti
tanggal posting (Change Date ..) untuk mengatur urutan waktu sesuai
timeline
- Meng-klik “Pin
to Top” untuk menampilkan posting di posisi paling atas dari timeline
selam 7 hari. Anda bisa menggantinya sebelum 7 hari atau membiarkannya
secara otomatis kembali ke urutan tanggal semula.
- Tambahkan milestones
(catatan tentang sasaran/pencapaian/rekor), pertanyaan atau events pada
posting baru dilengkapi dengan keterangan mengenai lokasi, gambar, video
atau foto. Jadwalkan posting anda untuk waktu yang akan datang, atau lakukan
back-date agar psoting bisa tampil lebih awal
Milestones berupa events yang penting atau
keberhasilan sebuah website yang biasanya ingin diketahui oleh para fans.
Sebuah post milestone akan tampil lebih besar dari info lainnya dan akan
mencakup keseluruhan lebar Timeline
Coca
Cola membuat sebuah milestone yang menjelaskan tahun berdirinya Coca Cola.
Image
Credit: https://www.facebook.com/cocacola
ADDITIONAL FACEBOOK PAGE FEATURES:
- Admins = Pemilik halaman dapat memilih di antara 5 tingkat admins: Manager,
Content Creator, Moderator, Advertiser dan Insight Analyst. Ini penting
untuk alasan keamanan karena setiap tingkat memiliki tingkat pemberian
ijin (permissions) yang berbeda.
Cara untuk melihat tingkat-tingkat Admin: Admin
Panel > Edit Page > Admin Roles
- Admin Panel dan Activity Log – Admin panel anda akan mengikuti kegiatan fans anda. Sedangkan Activity Log memungkinkan anad untuk mengadakan perubahan pada posting mereka secara langsung melalui satu interface. Temukan panel-panel ini langsung di atas cover image anda. Jika belum kelihatan, klik tombol “Show” untuk menampilkannya.
- Direct Messages – Para fans
bisa menghubungi anda melalui halaman Facebook anda dan mengadakan
percakapan timbal balik. Catatan: Anda tidak dapat mengirim pesan kepada
fans anda sebelum merekalah yang menghubungi anda terlebih dahulu.
Akhir kata, informasi ini
diharapkan dapat bermanfaat untuk mulai membuat dan menjalankan Halaman
Facebook anda. Saya akan memberikan posting lain di waktu mendatang di mana
akan dibahas bagaimana menarik lebih banyak fans dan menggunakan sebuah
platform untuk mengembangkan bisnis atau website anda
Di bawah ini anda dapat menemukan informasi
yang lebih rinci dan resources lainnya yang disediakan oleh Facebook:
Semoga Selamat dan Sukses!
Wassalam, Mimuk Bambang Irawan